Monday, 10 April 2017

OLIVE OIL / MINYAK ZAITUN

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

Adalah minyak yang diperas dari olive fruit atau buah zaitun dan digunakan sebagai dressing pada salad, bahan makanan, bahan kosmetik, bahan obat-obatan, sabun dan sebagai bahan bakar untuk penerangan.  Buah zaitun berasal dari pohon zaitun yang sangat terkenal dan dipuji-puji jauh sebelum jaman Yunani, Romawi atau Mesir kuno, sebagai salah satu minyak tersehat yang dihasilkan oleh bumi. Di dunia ini terdapat ratusan varietas pohon zaitun antar lain banyak terdapat di daratan Eropa, mediterania, dan sekarang ini banyak dibudidayakan diseluruh dunia, termasuk Amerika dan Australia.

Pohon zaitun menghasilkan buah satu kali dalam satu tahun. Biasanya panen dilakukan sekitar bulan November dan Januari.  Pada proses pemetikan dipasang jala pada kaki pohon zaitun agar buah tidak langsung terkena tanah bila berjatuhan dan agar lebih mudah mengumpulkannya. Pemetikan manual menggunakan alat seperti sisir gigi jarang.  Si pemetik akan memegang ujung batang yang berisi buah lalu melakukan gerakan seperti menyisir kuncir rambut, dengan demikian buah berjatuhan diatas jala.  Lalu buah secepat mungkin sebelum 24 jam diangkut ke kilang untuk proses selanjutnya.

Setiba di kilang, buah dicuci menggunakan mesin lalu masuk ke dalam wadah pengepressan, seperti wadah besar dengan batu giling granit atau baja tepat ditengahnya, dan berputar hingga buah zaitun berubah bentuk seperti paste atau adonan. Lalu paste ini berjalan menuju mesin peras. Nah keluarlah minyak dan air kandungan buah zaitun yang ditampung pada tabung2 penampung, lalu dimasukkan ke dalam botol. Proses ini tidak membutuhkan panas dan disebut dengan proses pemerasan dingin pertama.

Tingkatan kwalitas minyak zaitun:

Extra virgin: dihasilkan dari buah yang berkwalitas tinggi dan memiliki rasa buah yang kuat serta kandungan keasaman kurang dari 1% (uji lab), melalui proses pemerasan dingin seperti diatas. Biasanya diproses dalam jangka waktu 24 -  48 jam setelah dipetik dan biasanya minyak tidak berumur lama (best period to consume nya akan lebih pendek). Diyakini bahwa semakin cepat membawa panenan ke kilang minyak untuk proses lebih lanjut akan semakin terjaga kesegarannya.


Virgin: melalui proses pemerasan seperti diatas, kandungan keasaman 1 – 5%. Digunakan untuk salad atau marination.
Pure: campuran dari minyak zaitun suling (melalui proses penguapan untuk memisahkan air dan minyak), tingkat keasaman 3 – 4%, biasanya digunakan untuk memasak, menumis.
Extracted dan refined: dibuat dari sisa perasan pertama, kadang ditambahkan penguat rasa agar rasa dan aroma lebih nampak.

Cara menambahkan aroma alami pada olive oil (herb infused olive oil):
Buat sendiri olive oil beraroma rempah kesukaan kita dengan menambahkan rempah kering kedalam olive oil.  Periksa agar rempah benar2 kering, bila terdapat kandungan air sedikit akan mempengaruhi perkembangbiakan jamur atau bakteri dan dapat menimbulkan penyakit bila dikonsumsi. Rempah yang biasa digunakan untuk memberikan aroma antara lain:  bawang putih, cabai (pepperoncino = cabai dari Itali), kulit lemon, rosemarry, thyme, basil, merica, saffron, truffle dll.

*Rendam bawang putih atau rempah lain dalam air garam atau cuka.  Bakteri tidak berkembang biak pada air        garam atau cuka selama beberapa hari. Setelah itu masukkan ke dalam botol olive oil. Dan simpan dalam tempat sejuk dan kering.

*Keringkan rempah dengan cara menggantung pada ruang udara terbuka. Setelah benar-benar kering lalu masukkan ke dalam botol yang berisi olive oil.

Rempah segar dapat digunakan untuk memberikan aroma, tetapi tidak dapat disimpan lama (biasa bertahan selama seminggu dengan suhu yg kering dan tidak terkena panas langsung), tetapi hal ini tidak disarankan. Agar lebih amannya simpan setelah ditambahkan rempah segar, simpan dalam almari es dan gunakan kurang dari seminggu.

Sedang buah zaitun biasanya digunakan pada appetizer, campuran salad, atau sebagai salah satu bahan makanan utama. Buah zaitun diolah dengan dijadikan acar (cured) terlebih dahulu dengan cara merendam pada cairan garam selama beberapa hari. Metoda ini disebut “brine”. Setelah itu buah zaitun dapat dikonsumsi begitu saja atau diolah lagi dengan menambahkan rempah2.

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

OLIVE OIL /  MINYAK ZAITUN, vindex tengker

 _____








RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...