Saturday, 10 November 2018

ROTI TELUR MAYO

ROTI TELUR MAYO, chefvindextengker

ROTI TELUR MAYO

Masih tentang roti2an ya. Roti telur mayo ini sering saya buat untuk sarapan sewaktu masih kos di negara orang lain nun jauh disono. Bahkan sajian ini menjadi andalan saya bila bertandang ke rumah teman waktu itu. Selain karena bahan2nya sederhana, pun pula dibuatnya gampang dan hasilnya waw memikat. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, roti telur mayo ini kegemaran anak2. 

Sarapan nasi uduk waktu, sangat mewah sekali. Jarang2 mendapat makanan Indonesia bila tidak ada acara di KBRI.  Berbeda dengan sekarang, resto Indonesia ada dimana2, tidak susah mencarinya. Kalau tidak ketemu resto Indonesia, bisa memasak sendiri, karena bahan2 bisa didapat di Asian store.

Biasanya sehari sebelumnya saya membuat roti dulu, lalu paginya tinggal goyang dengan telur. Saya menggunakan basic sweet bread yang dikurangi jumlah gula, bila roti ingin disandingkan dengan isian asin.

Buat saya roti telur mayo ini bukan hanya pas untuk sarapan saja, untuk maksi dan makan malam bagi yang malas juga woke.. yang penting dimakan saat setelah keluar dari penggorengan. Masih hangat2 gitu.. haha

Resep roti saya copas dari postingan sebelumnya ya. Bila ingin membuat roti sebaiknya baca dan pelajari tips dari postingan sebelumnya dengan judul Roti Manis.

Note:
Sajian ini bisa ditambah dengan tumisan bawang putih baby spinach (bayam Inggris / pokcay). Bisa juga ditambah potongan bentuk dadu kecil tomat.
Dalam penyajian, bisa divariasikan dengan menambah saus sambal botol dan mayo di spuitkan diatasnya.
ROTI TELUR MAYO, chefvindextengker
ROTI TELUR MAYO

Bahan:
2 buah roti
1 sendok makan mayonaise bisa diganti dengan butter
1 sendok makan butter  / olive oil
2 slices Ham / bacon / sosis atau boleh mix
3 sendok makan keju cheddar
1 tangkai daun bawang (pilih spring onion atau chives yang biasa dipakai untuk telur dadar. Bukan leek, karena yang biasa dipakai untuk telur dadar, lebih harum daripada leek)

Langkah:
Belah roti dan panggang hingga sedikit kering.
Oles dengan mayonaise atau bila tidak suka bisa oles dengan butter. Sisihkan.
Panaskan butter diatas penggorengan, masukkan bacon atau ham dan tumis2 sebentar. Geser ke sisi pinggir penggorengan.

Masukkan telur 2 dan aduk sedikit. Setelah agak matang, pindahkan ham / bacon yang dipinggir tadi. Bawa ketengah, keatas telur. Tempatkan agar terbagi rata. Boleh ditambah garam sedikit bila suka (saya tidak menggunakan garam, karena bacon / ham sudah asin).
Setelah matang, angkat dan letakkan diatas roti.
Letakkan irisan atau parutan keju cheddar. Panggang sebentar dengan api atas agar keju meleleh. Angkat.
Tabur dengan irisan daun bawang. Sajikan.

ROTI TELUR MAYO, chefvindextengker

ROTI MANIS

Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
½ sendok teh ragi butiran (saya gunakan Fermipan)
4 sendok makan gula pasir butiran halus (saya gunakan 2 sendok makan)
2 sendok makan susu bubuk (saya gunakan Dancow bubuk)
2 buah kuning telur
3 ½ sendok makan whipped cream cair
1 cup fresh milk (saya gunakan susu segar pasteurisasi. Boleh ganti dengan susu UHT)
1 ¾ sendok makan mentega
½ sendok teh garam

Langkah:
Campur kuning telur, whipped cream, susu dalam wadah. Aduk. Sisihkan. Gunakan mixer dengan hook spiral: tepung, gula, ragi, susu bubuk sambil tuang cairan sedikit demi sedikit. Perhatikan adonan, bila terlalu lembek tambahkan sedikit tepung.

Bila sudah mencapai ½ kalis, masukkan sedikit demi sedikit mentega (saya bagi 4 x).  Lalu terakhir masukkan garam.  Mixer hingga kalis. Lakukan “Window Pane Test”.  Bila belum mencapai window pane, tambahkan waktunya 5 menit lagi. Begitu serterusnya hingga mencapai window pane. Bila tepung masih baru, kering dan penyimpanannya bagus akan mudah dan cepat mencapai window pane. Kurang lebih 20 – 30 menit. Cara untuk mengetest apakah adonan sudah mencapai window pane stage adalah dengan cara mengambil sedikit adanan, lalu buka dengan kedua belah tangan, apabila elastis dan transparan berarti sudah mencapai window pane stage. Bila sudah sering membuat adonan, kita akan segera mengetahui window pane dari tekstur dan bau. Bau wanginya khas sekali, harum fermentasi, mirip seperti wangi tape.

Keluarkan dari wadah mixer lalu ulen lembut diatas meja ulen yang telah ditabur tepung agar tidak lengket. Bentuk bulat, lalu masukkan dalam wadah dan tutup dengan plastic wrap. Letakkan pada ruang yang tidak ber AC agar cepat mengembang.  Biarkan kurleb 1 jam atau hingga mengembang 2 x.

Kempiskan dengan cara memencet menggunakan jari2 kita. Pindahkan ke atas meja kerja yang telah ditabur tepung tipis2.
Bentuk bulatan kecil dengan berat masing2 kurleb 40 gram. Bentuk bulat2 seperti bola / pulung2 dan letakkan pada loyang yang telah dioles dengan mentega. Beri jarak. Lakukan hingga habis. Tutup dengan plastic wrap dan biarkan di tempat tidak ber AC kurleb 1 jam atau hingga mengembang 2x.

Siapkan oven panaskan dengan suhu sedang / 180 C dengan api bawah 10 menit sebelum memanggang.

Oles dengan susu cair bagian atasnya dan masukkan dalam oven kurleb 20 menit tergantung karakter masing2 oven. Bila sudah matang dan warna atasnya kurang coklat, bisa digunakan api atas untuk mendapatkan warna saja. Beberapa orang harus menggunakan api atas bawah. Tergantung karakter oven masing2.

Angkat dan oles atasnya menggunakan mentega. Pindahkan ke wire rack agar segera dinging. Bungkus plastik bila sudah dingin agar tidak kering.
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...