Tuesday, 14 August 2018

BALE RAOS – JOGJAKARTA


BALE RAOS – JOGJAKARTA

BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Bale Raos Restaurant menyajikan hidangan khusus kegemaran Raja-raja zaman dulu yaitu kegemaran Sri Sultan HB VIII sampai dengan Sri Sultan HB X. Awal mula berdirinya Bale Raos atas gagasan GKR Hemas (istri Sri Sultan HB X) yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan kraton khususnya kuliner. – profile Bale Raos
Nah, resto ini menjawab semua rasa penasaran kita akan sajian2 yang biasa dihidangkan untuk menjamu para Raja dan Bangsawan.
Bertempat di salah satu bangunan di bagian belakang kompleks keraton. Tampak bagian depan bingkai pintu dan jendela didominasi warna hijau lumut dan warna kilau emas (warna ciri khas Keraton Jogja) serta dinding berwarna krim, dan pada bagian depan kiri dan kanan terdapat gunungan kayu jati berukir klasik keratonan. 
BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Tahu goreng dengan cocolan sambal kecap. Tahu putih ditabur tipis2 tepung berbumbu dan digoreng. Tahunya padet dan ketika setelah digoreng hingga disajikan tetap menggembung, tidak kempis, tetapi tidak bantat / kenyal seperti tahu kuning Kediri. Dicocol dengan ulekan kasar cabai rawit merah segar dan potongan rawit hijau.
BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Perkedel jagung, ini agak sedikit beda dengan perkedel jagung kebanyakan di Jakarta,  pembuatannya hanya dengan memipil atau menyisir jagung. Perkedel ini jenis perkedel yang jagungnya dipipil lalu diulek kasar atau diblender kasar ditambah bumbu bawang merah dan merica. Lalu dicetak bulat diatas minyak panas dan setelah set baru dilepas dari cetakan dan digoreng dalam minyak banyak. Pas sekali bila dimakan dengan rawit merah pedas..


BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Sate ayam dan lontong.  Potongan ayam berbumbu bawang putih dan ketumbar, disajikan dengan saus kacang dan taburan bawang merah goreng.
BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Gudeg manggar set. Gudeg manggar, opor ayam, sambal goreng krecek, telur pindang disajikan dengan pilihan nasi merah atau nasi putih. Sajian khas dari daerah Bantul – Jogja Selatan, gudeg manggar menjadi salah satu favorit Sultan. Gudeg manggar saat ini sudah jarang dijumpai, karena pohon jambe penghasil manggar sendiri sekarang sudah mulai susah didapatkan. Manggar adalah bunga pohon Jambe (palm tree).
Gudeg manggar memiliki tekstur sedikit berbeda dengan gudeg nangka. Gudeg nangka lebih lembut dibanding dengan gudeg manggar yang agak sedikit krius2. Tapi kedua2nya sama enaknya.
BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Bestik Jawa, terbuat dari daging cincang yang diikat dengan kocokan telur serta bumbu2 seperti lada dan garam, dibentuk seperti patty burger / daging isian burger (bulat pipih) lalu di-pan fried, disajikan dengan tumisan wortel, baby corn, broccoli dan kentang (seperti mashed tetapi dibentuk seperti patty burger).  Lalu diguyur sedikit dengan saus mirip semur, manis, gurih, bersahaja. 


BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Perawan kenes, sajian pisang kepok diapit bambu lalu dipanggang, disajikan dengan saus santan gurih. 
BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker

Arseng pisang, terbuat dari Pisang, adonan telor dan santan manis, lalu dikukus.
Nah sebenarnya masih banyak menu2 lain yang kudu saya coba, misalnya nasi golong, bestik lidah, bebek suwir, semur piyik.. lain kali pasti akan coba lagi.   


BALE RAOS – JOGJAKARTA, vindex tengker
Salam Kuliner - VT
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...