Monday, 27 August 2018

EXCELSIOR CAFÉ – TSUKIJI TOKYO


EXCELSIOR CAFÉ – Tsukiji Tokyo

EXCELSIOR CAFÉ – TSUKIJI TOKYO, vindex tengker

Seperti pada umumnya cafe lain, menyajikan kopi dan makanan pendamping, seperti sandwich, salad, hot dishes, pastries, bread dll.
Dari jalanan luar tampak seperti biasa, berada di lantai bawah sebuah gedung menjulang, satu blok dekat fish market terkenal Tsukiji Fish Market. Tampakan dari depan sangat bersahaja untuk ukuran cafe, nyaris tidak terlihat lampu2 bersinar seperti cafe, hanya sebuah pintu dorong kaca dan jendela kaca lebar, sudah itu saja.

Begitu selangkah ke dalam tampak sedikit berubah pandangan.  Nuansa cafe yang hangat ditengah cuaca mendung dan dinginnya udara bulan December, saat itu 5 derajat. Semerbak harum wangi kopi seduh membawa rasa hangat dan nyaman tersendiri.
Ada meja kayu panjang pada dinding jendela kaca membentuk hurul L dengan dinding penyikunya. Lalu ada meja kayu panjang besar ditengah, kira2 untuk 14 kursi keliling. Lalu ada beberapa meja kayu untuk 2 orang dan 4 orang. 

Saat itu cafe penuh dengan tamu. Untuk kami ber4 (saya, istri dan 2 anak) agak menunggu sebentar.  Kebetulan kami hanya ingin menikmati kopi dan sedikit snack manis setelah makan siang di pasar ikan. Karena sedari subuh sudah berada di pasar Tsukiji, melihat pelelangan ikan, lalu lanjut dengan jalan2 di pasar, di luar area pelelangan. Lalu kami makan siang menikmati sushi di pasar dan akhirnya pada perjalanan menuju stasiun kereta kami menemukan cafe yang cukup penuh pengunjung. Beruntung kami mendapat tempat duduk di meja besar di tengah, karena ada beberapa grup yang begitu melihat penuh lantas mereka berbalik dan pergi.

EXCELSIOR CAFÉ – TSUKIJI TOKYO, vindex tengker

Brownies cheese cake dan cappucino.  Brownies dan cheese cake berlayer diatasnya, lalu paling atas adalah putih telur whipped dengan rasa lemon ringan. Cara menyendoknya adalah dari atas lalu kebawah, hingga 3 layer cake tersebut berada dalam satu sendok. Dan dimakan bersamaan, sehingga menimbulkan rasa baru dan bukan hanya brownies atau cheese cake saja. Tetapi perpaduan ketiganya. Pahit brownies, gurih-creamy-lembut dari cheese cake dan foamy dengan rasa citrus, menjadikan sajian dessert ini terasa ringan.

Sedikit berbeda dengan cappucino lain dalam hal toppingan.  Double espresso ditambah milk dan foam lalu ditambah toppingan dried fruit. Warna coklat kopi dan foam beradu sempurna dengan warna merah dan hijau dari dried fruit membuat sedap dipandang. Dan ketika kopi diminum ada sensasi rasa candied krius2 pada akhir sruputannya.
Ternyata mereka menyajikan warna hijau dan merah karena saat itu bulan Desember, saat dimana penjuru dunia meramaikan natal. Warna2 yang diusung biasanya merah, hijau atau emas. Nah Cafe Excelsior ini tidak mau ketinggalan dalam meramaikan Natal.

Salam Kuliner - VT
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...