optional

Monday 15 October 2018

KARAMEL KACANG PECAN


PECAN CARAMEL, vindex tengker

Karamel Kacang Pecan

Dibawah ini adalah resep cara mengkaramelkan kacang.  Yang pernah saya coba dengan resep ini adalah kacang tanah dan kacang pecan. 

Kalau menggunakan kacang tanah sebaiknya pilih kacang tanah tanpa kulit, agar terlihat kuning bersih. Tapi bila suka yang exotis, boleh juga dengan kulitnya.

Kacang tanah ataupun kacang pecan, goreng dahulu. Bisa disangrai, dimatangkan di dalam oven atau digoreng dengan minyak goreng.

Bila digoreng dengan minyak goreng pastikan kacang benar2 telah kering dari minyak sebelum digunakan.

Kacang karamel digunakan untuk taburan bolu, tapi sebelumnya oles bolu dengan butter cream / whipped cream manis, isian macam2 roti manis, puff atau topingan aneka dessert.

Note: baca dan pelajari resep dengan baik. Kalau perlu hafalkan step2nya. Karena step2 ini memerlukan gerak cepat, terutama saat karamel sudah berubah warna dari transparan menuju coklat. Jangan terlewat, terlewat sedikit bisa gosong dan pahit rasanya. 

Bahan:
1 cangkir kacang pecan / kacang tanah
1 cangkir gula pasir

Langkah:
Sangrai kacang pecan / kacang tanah.  Lalu hancurkan kasar / cincang kasar. Sisihkan.

Panaskan gula pasir diatas penggorengan anti lengket dengan api sedang. Biarkan gula mencair dan berwarna kecoklatan. Jangan diaduk. Nanti lama2 warna coklat karamel akan menjalar dari tengah ke pinggir, menggantikan warna transparan. Kecilkan apinya agar tidak gosong.

Tuang kacang cincang kedalam gula cair, aduk cepat biar rata. Lalu pindahkan ke wadah datar / loyang yang sudah dialas baking papper.
Biarkan dingin. Setelah dingin cincang kasar. 

Nah kacang karamel siap digunakan. 


PECAN CARAMEL, vindex tengker
_____

No comments:

Post a Comment