Monday, 15 October 2018

VLA


Vla

VLA, vindex tengker

Banyak sekali varian resep vla, pastry cream dll yang bertebaran. Namun yang pas dengan saya adalah resep dibawah ini. 
Resep ini saya modifikasi dari buku Pusaka Kuliner Nyonya Rumah, di-published-kan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Kalau resep aslinya menggunakan tepung terigu sebagai pengental, disini saya gunakan maizena agar lebih ringan.

Biasa saya gunakan untuk mengolah vla sebagai isian kue sus, rhum horn bahkan klappertart yang model custard. Tinggal tambah kelapa muda lalu panggang, setelah itu tambahkan  putih telur kocok (meringue) serta taburan2 diatasnya lalu panggang lagi dengan api atas untuk mendapatkan warna. Done!

Dan resep ini sangat simpel serta gampang, karena bahan pertama susu, telur, gula pasir diaduk dibawah. Jadi tidak perlu takut vla sudah matang dan adonan masih bergerindil, atau kalau aduknya kurang cepat, telur matang duluan daripada bahan yang lain. Intinya resep ini pas buat pemula. Bila sudah paham konsistensi barulah boleh gaya2 sedikit dengan memasukkan telur belakangan.. haha

Vla ini mirip2 pastry cream. Bila pastry cream lebih ringan dan lembut. Short cut membuatnya dengan menamambah 100 ml whipped cream cair yang dimixer lalu tuang bahan tsb kedalam whipped cream perlahan dan aduk hingga rata.  Gampang bukan satu resep untuk bermacam2.

Bahan:
250 ml fresh milk
70 gram gula pasir (boleh kurang)
2 buah kuning telur
25 gram maizena
2 sendok makan Rhum (saya gunakan Myers Rhum – non halal.  Atau bisa diganti dengan 1 buah vanilla bean atau 1 sdt pasta vanila)
1 sdm butter

Langkah:
Bagi adonan susu menjadi dua yaitu ¾ bagian dan ¼ bagian. Campur yang ¾ bagian dengan gula pasir dan kuning telur. Sisa ¼ campur dengan tepung maizena. Aduk rata.

Gunakan panci yang berdasar tebal agar tidak mudah gosong. Naikkan bagian pertama ke atas api sedang, aduk perlahan hingga berbuih. Kecilkan apinya.

Sembari diaduk menggunakan whisk, tuang bagian susu yang telah dicampur dengan maizena sedikit demi sedikit, sambil diaduk kencang. Bila api kecil masih terlalu panas, turunkan sebentar dan aduk dibawah. Lalu naikkan lagi diatas api sambil diaduk kencang hingga mengental.

Bila sudah kental turunkan pancinya. Masukkan butter selagi panas sambil diaduk kencang. Terakhir masukkan rhum atau vanilla.
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...