optional

Sunday, 14 April 2019

FLAT BREAD

FLAT BREAD, vindex tengker

FLAT BREAD

Flat bread ini adalah roti tanpa ragi, bahannya sederhana dan gampang membuatnya. Selingi hidangan dengan flat bread bila bosan dengan roti.
Bisa  digunakan sebagai kulit untuk isian aneka salad dan protein seperti ayam, bebek, daging.  Bisa dicocol dengan kuah kare, dicocol dengan SKM, bisa ditabur dengan coklat dan keju layaknya sebagai pengganti roti dll. Banyak sekali variasinya.
Resep dibawah adalah flat bread yang sangat sederhana. Bila sudah canggih coba tambahkan bubuk cabai, irisan daun bawang dll. Coba keluar dari pakem sedikit, buat variasi2 untuk memperkaya hidangan kita.

Bahan:
300 gram tepung protein sedang
½ sdt baking powder
50 gram butter dan margarine (1:1)
Sejumput kecil garam
150 ml fresh milk
Olive oil untuk olesan

Langkah:
Boleh diulen manual atau mixer dengan pengaduk untuk roti. Campur tepung, baking powder, butter + margarine, garam. Tuang sedikit demi sedikit fresh milk. Stop bila sudah pas, jangan terlalu lembek. Ulen hingga kalis elastis.
Bentuk bulat seperti bola lalu oles atasnya dengan olive oil agar tidak terbentuk kulit. Tutup dengan plastic wrap. Biarkan 30 an menit. Setelah step ini permukaan adonan lebih halus dan akan lebih elastis.
Bagi adonan kurleb 25 - 30 gram / sesuai selera, sesuaikan juga dengan lebar penggorengan dan bentuk menjadi bola2 kecil.
Panaskan penggorengan anti lengket dengan api sedang, setelah panas, kecilkan apinya.
Ambil 1 adonan dan gilas, ketebalan sesuai selera, sebaiknya jangan terlalu tebal, susah matangnya. Panggang diatas penggorengan hingga matang.
Bila ingin lebih lentur, setelah diangkat dari penggorengan oles dengan butter. 

FLAT BREAD, vindex tengker
_____

No comments:

Post a comment