Thursday, 4 May 2017

ARTISAN AGED GOUDA

ARTISAN AGED GOUDA



Kata “artisan” memiliki makna pekerja yang memiliki ketrampilan terutama yang berhubungan dengan pembuatan barang menggunakan tangan.  Kata lain adalah pengrajin, pekerja terampil, tehnisi.
Bila dikaitkan dengan judul diatas Artisan Gouda berarti keju Gouda yang dihasilkan oleh seorang ahli pembuat keju.  Negara asal Aged Gouda ini adalah Belanda, namun saat ini beberapa negara membuat jenis yang sama, Australia, US, New Zealand dll.

Sedangkan Artisan Aged Gouda adalah keju Gouda yang diolah seperti pada proses pengolahan Gouda lainnya (baca tulisan saya tentang keju Gouda sebelum tulisan ini) yaitu dengan memisahkan dadih dan whey cair melalui proses pemanasan pada suhu tertentu.  Sedikit pewarna dari biji annatto ditambahkan pada stage ini. Lalu dicetak  bulat pipih berbentuk roda namun tidak berlubang tengahnya, kemudian mengalami proses penuaan. Penuaan ini untuk mengembangkan kristal kalsium laktak yang dibentuk  oleh asam laktat dalam keju. Semakin lama keju dituakan, semakin beraroma dan semakin kompleks rasa yang tercipta.

Proses di dalam kamar pemeraman memerlukan waktu lebih dari 10 – 12 bulan untuk keju tua dan lebih dari 1 tahun untuk keju sangat tua.  Apa sebenarnya yang terjadi di dalam kamar pemeraman berminggu-minggu hingga berbulan-bulan?  Yaitu membiarkan bakteri yang diinginkan berkembang, dengan menciptakan temperatur dan kelembaban tertentu sesuai bakteri dengan demikian kompleksitas rasa tercipta.  Perawatan dengan merotasi posisi keju sangat diperlukan agar badan keju matang secara sempurna keseluruhan.
Semakin lama Gouda dituakan maka tekstur akan semakin keras dan rasa akan semakin kuat.  Keju model ini pas untuk bepergian karena tidak gampang meleleh.

Biasanya pecinta Gouda akan memilih Gouda yang sangat tua dengan tekstur lebih garing, renyah, flaky, rasa lebih kuat, manis karamel dengan sedikit rasa asin menjadi satu.  Tentu Gouda tua dengan usia 5 tahunan keatas kulit luar tidak bisa dikonsumsi.

Aged Gouda sebagai keju keras pas bila dipadankan dengan bir dan anggur merah.  Bila dipasangkan dengan anggur putih akan memberikan rasa elegan yang berbeda dengan anggur merah.
 _____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...