Wednesday, 3 May 2017

GRAND CRU dari MONROE - WISCONSIN

GRAND CRU dari MONROE - WISCONSIN



Keju Grand Cru dari Monroe - Wisconsin memiliki bawaan khas keju bergaya Alpine Swiss klasik. Terbuat dari susu sapi Wisconsin segar yang telah dipasteurisasikan terlebih dahulu. Dimana kita tahu bahwa susu terbaik akan menghasilkan keju terbaik pula.  Menilik alam  Monroe mirip sekali dengan environment daerah asal Emmi Roth, pemilik dan penemu Grand Cru ini. Tak heran bila keju ini mengalami persamaan karakter dengan gaya induknya.

 Produksinya meliputi Grand Cru Oringinal, Reserva dan Grand Cru Surcoix yang mendapatkan penghargaan Best of Class berkali-kali pada ajang kontes keju  se dunia. Surcoix memiliki rasa yang sangat khas yaitu perpaduan seimbang antara aroma floral manis susu dan nutty undertones serta texture keju yang nyaris sempurna. Sepintas kilas keju ini mirip tipikal Swiss-Gruyere.
 
Grand Cru termasuk salah satu keju yang jarang dijumpai karena diproduksi dari panenan susu yang berbeda pada tiap musimnya dan dibuat dengan jumlah sedikit dengan menggunakan tangki tembaga tradisional.  Lalu dituakan atau dimatangkan dengan  tehnik yang sangat spesial yaitu dengan mencuci, menyikat, membakar berulang-ulang dan merawat keju hingga tercapai cita rasa maksimal.  Biasanya memerlukan waktu selama enam bulan kadang bisa lebih.  Dan ini dikerjakan oleh master keju atau ahli keju di ruang bawah tanah tempat pemeraman atau penuaan, untuk mendapatkan temperatur dan pencahayaan yang pas. Dengan kemajuan tehnologi penuaan dilakukan di sebuah ruangan yang sudah diatur temperatur dan cahayanya.

 Grand Cru dikategorikan dalam keju semi keras dengan warna kuning pucat. Bisa dimakan begitu saja atau dipadankan dengan kacang yang tidak memiliki rasa kuat misalnya hazelnut, almond, anggur, selai aprikot atau fig.  Sebagai centerpiece, dapat juga diiris sangat tipis (shaved) dan ditabur pada asparagus panggang, pizza prosciutto dan sebagai keju pada fondue.

Pendapat saya pribadi, Grand Cru ini terlalu bagus bila digunakan sebagai keju fondue, tapi andai digunakan sebagai keju fondue hasilnya akan luar biasa enaknya.

Grand Cru Reserve


Alat seperti huruf "T" digunakan untuk melihat hasil keju apakah tekstur dan rasa sudah sempurna, dengan cara menusuk pada badan keju, satu keju pada tiap batch nya, dan dilakukan berulang2 hanya pada satu keju itu saja.

Ruang penuaan keju dengan suhu dan cahaya yang sudah diatur.
Fondue adalah suatu hidangan asal Swiss yang dinikmati dengan cara mencelupkan potongan makanan ke dalam cairan, coklat atau keju yang telah diracik dengan bumbu,  yang dipanaskan di satu panci spesial untuk fondue.  Fondue keju biasanya menggunakan keju Swiss yaitu Gruyerre dan Emmental karena kandungan lemak tinggi, karena mudah leleh daripada keju dengan lemak rendah.
_____
 


RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...