Friday, 19 May 2017

CAMEMBERT DAN BRIE

CAMEMBERT DAN BRIE




Siapa tidak mengenal keju Perancis, Camembert dan Brie?
Camembert berasal dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi (pasteurisasi adalah proses pemanasan dengan suhu tinggi dalam waktu singkat, 15 detik, guna mengeliminasi bakteri yang merugikan tubuh, misal bakteri pathogen), namun sekarang ini karena masalah higyine, beberapa pabrikan  menggunakan susu pasteurisasi agar lebih aman. 

Proses pembuatan sama seperti keju lainnya yaitu dengan memasukkan bakteri (yang membuat spora jamur putih berkembang) pada saat sebelum ditambahkan rennet (enzim dari perut anak sapi agar susu bergumpal2 dan terpisah antara dadih dan protein cair atau whey).

Setelah gumpalan2 susu terbentuk, disebut dadih lalu dipadatkan dan dituakan pada ruang khusus dengan kelembaban dan temperatur yang ditentukan.  Bersamaan dengan penuaan dadih ini terbentuk dan berkembanglah spora jamur putih dan mengakibatkan pematangan dari luar menuju ke dalam.  Sehingga kulit luarnya lebih keras tapi bagian dalam lembut lumer hingga leleh. Oleh karena itu Camembert dikategorikan dalam keju lunak dengan tekstur creamy, rasa manis susu, terutama pada unpasteurized cheese), warna krim pucat. Semakin tua aroma dan rasa semakin kuat dan tajam.

Camembert berasal dari Normandy – Perancis, masih menggunakan susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi. Dan tentu menggunakan susu hasil dari susu sapi Normandy.
Berbeda dengan keju keras, bila keju keras dibuat dengan bentuk yang besar karena pada jaman dahulu pajak dihitung berdasar jumlah unit keju, bukan besaran dalam kilogram. Makanya artisan membuat keju sebesar mungkin untuk menghindar pajak keju..haha..   Camembert dibuat dengan ukuran bulat pipih kecil dalam wadah kayu cantik.

Brie, mirip dengan Camembert, tetapi menggunakan susu sapi dari daerah Brie – Perancis.  Rasa dan bentuk mirip, kemasanpun mirip.  Hanya sedikit perbedaannya misalnya, rasa dan aroma Camembert lebih tajam, lebih creamy.

Brie dan Camembert dimakan begitu saja dengan aneka buah berry segar, peach, nectarines, biskuit tawar, French bread, selai berries.
Sedang wine yang pas adalah semi sweet sparkling misal Muscat Sparkling, Champagne. Pinot noir boleh juga.


Sekarang ini banyak negara2 penghasil susu membuat resep seperti Camembert dan Brie, hanya diberi nama lain, karena Camembert dan Brie telah memiliki hak paten.   Agar mendapatkan perbedaan rasa masing2, saya sarankan untuk mencoba keju yang terbuat dari susu unpasteurized dan pasteurized.  Saya lebih suka yang unpasteurized.. lebih gurih, creamy, manis susu, harum..  Selamat mencoba!






_____















RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...