Thursday, 18 May 2017

Wisata kuliner ke kebun anggur BAROSSA VALLEY – ADELAIDE

Barossa di pagi hari
kebun anggur


Barossa adalah salah satu daerah penghasil wine di benua Australia bagian Selatan, tepatnya di timur laut negara bagian Adelaide. Tercatat lebih dari 150 industri minuman anggur dan lebih dari 500 keluarga penghasil buah anggur.  Tipikal alam, cuaca dan mineral tanah sangat mendukung pertumbuhan pohon anggur.   
Beberapa wine terkenal asal Barossa Valley antara lain:  Cabernet Sauvignon, Pinot, Penfold, Peter Lehmann, Riesling, Chardonnay, Semillon dll.

Beberapa winery masih menggunakan cara tradisional, misalnya masih menggunakan barrel / tong kayu untuk menyimpan wine agar mendapatkan karakter rasa, tekstur, flavor, warna.  




Gambar di atas adalah tempat pembuatan barel tradisional yang digunakan untuk menyimpan atau memfermentasikan anggur. Terbuat dari pohon oak.
Berikut adalah photo2 santapan di salah satu winery di Barossa Valey
Carpaccio ikan salmon dan saus horseradish and potongan buah apel segar. Horseradish adalah tanaman asli Jepang, berbentuk umbi2an seperti lobak dan sebangsanya

Pastrami coppa di Parma disajikan dengan keju cheddar, acar ketimun, anggur yang telah dikeringkan, selai buah berry dan biskuit.  Pastrami adalah daging sapi atau babi atau yang lainnya yang diawetkan dengan cara dibumbui menggunakan herbs khas masing2 pembuat lalu dikeringkan dengan cara tradisional yaitu menjemur, atau menempatkan pada sebuah ruang dengan mengontrol suhu dan aliran udara, selama beberapa waktu hingga tercapai rasa yang diinginkan.     
Bila Pastrami Coppa di Parma terbuat dari daging babi bagian otot leher, bahu hingga bagian atas iga. 


   
Chicken Salad with peanut Szechuan Dressing dan ditabur dengan wijen sangrai.  Rasa:  sedikit pedas tapi segar.
Burung puyuh panggang disajikan dengan saus delima merah.  Rasa: manis dan segarnya buah.

daging babi bagian perut yang dipanggang disajikan dengan saus jeruk orange dan bunga lawang atau pekak

___

























RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...