Thursday, 4 May 2017

DUNBARTON BLUE dari Wisconsin

DUNBARTON BLUE dari Wisconsin

 


Adalah salah satu keju milik Roelli Cheese Company, Shullsburg, Wisconsin – Amerika, dengan mengusung karakter cheddar tajam nan bersahaja dari daerah asal daratan Eropa, tepatnya gaya elegan Inggris, dengan ditambah sedikit rasa kuat menyengat dan creamy bawaan sifat keju Biru. Dibuat dengan susu sapi pasteurisasi dan berumur minimal 90 hari bisa lebih.

Menilik penemuan jenis kolaborasi ini tidak mudah. Menurut pemiliknya yaitu keluarga Roelli, beliau mengumpulkan susu segar terbaik, karena ini adalah proses awal untuk mendapatkan hasil akhir keju yang terbaik, kemudian menyeleksinya.

 Melalui proses cheddaring yaitu memotong dadih, membalik lalu memotongnya hingga menjadi bulir2 kecil, membalik lagi dan memotong lagi berulang2 hingga menghasilkan dadih kering, kemudian memadatkan dan menyuntikkan udara agar spora biru berkembang sehingga menghasilkan vena (motif seperti pembuluh darah vena) berwana biru tetapi sedikit saja ditengah, hanya memberikan aksen dan sedikit sumbangan rasa tajam elegan spora biru.  Sehingga karakter cheddar yang tajam namun halus, earthy dan asin masih menempati posisi dominan.
 
Memakannya begitu saja atau dimakan bersamaan dengan biskuit, buah2 yang dikeringkan (anggur, plum, apple, pineapple), artisan bread yang crispy dan cured meats (Cured meat adalah cara mengawetkan daging, biasanya diambil dari bagian atas paha kaki babi belakang, dengan atau tanpa garam dan menyimpannya pada udara mengalir dengan temperatur dan kelembaban tertentu dan dalam waktu tertentu pula)

Produk yang paling saya sarankan untuk dicoba adalah irisan tipis seperti lembaran kertas Jamon Iberico dari Spanyol, yang memiliki rasa manis, nutty, tidak terlalu asin, lumer di mulut.

Sedang pairing wine adalah Merlot, Cabernet Sauvignon, Pinot Noir, Riesling.
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...