Thursday, 8 February 2018

PHO VIETNAM



PHO VIETNAM

PHO VIETNAM, Saigon cafe, vindex tengker, alam sutera

Pho adalah makanan unggulan dari Vietnam. Pho ini terbuat dari tepung beras, jadi warnanya putih. Mirip mie yang dipakai kwetiaw, kalau kwetiaw lebar, kalau pho lebih tipis. Dimasak dalam kuah kaldu bening, lalu ditambah dengan herbs and spices, serta sayur mayur segar dan daging sapi.  Basic-nya seperti itu. 

Masing2 daerah di Vietnam memiliki ciri khas sendiri dalam membuat pho noodle soup ini. Ada yang menambahkan baso dll, irisan cabai, perasan air jeruk nipis dan daun basil agar lebih segar.   Sayurnya pun berbeda2 untuk masing2 daerah.

Salah satu street food Vietnam ini enak dinikmati selagi panas. Dengan menambahkan sambal terasi Vietnam (mirip sambal terasi kita, hanya tekstur lebih lembut, dan menggunakan fish sauce instead of terasi) membuat hidangan ini terasa kumplit enaknya, apalagi disantap saat cuaca dingin.  Pedas, panas.. segar...
PHO VIETNAM, Saigon cafe, vindex tengker, alam sutera

Berikut adalah foto2 saya di Saigon Cafe, Living World

Cafe dengan cat berwarna kuning kunyit ini membawa kesan hangat kepada tiap jamuan dan tamu2 yang datang. Padu padan dengan furniture kayu dan placemat hijau tua. Serta cushion orange – kuning pada sofa panjang kayu. 
PHO VIETNAM, Saigon cafe, vindex tengker, alam sutera

Pho kuah sapi bening dengan irisan tipis daging sapi bagian lulur, ditambah tauge segar, daun basil, daun ketumbar dan irisan spring onion.. Disediakan irisan jeruk nipis, bila ingin rasanya lebih segar.

Acuan enak tidaknya pho terletak pada kuah beningnya. Kuah bening harus menyatu dengan racikan bumbu dan sayur mayur didalamnya.  Lalu ditambah sentuhan terakhir berupa sambal terasi. Nah topping daging sapipun menyumbang peranan penting.  Keras atau lembutnya menjadikan satu kesatuan penyumbang rasa.

PHO VIETNAM, Saigon cafe, vindex tengker, alam sutera

Pilihan saya berikutnya dalah salad bihun dengan tambahan spring rolls, dan sate. Yaitu dedaunan selada yang dicampur dengan bihun, ditambah dressing berupa fish sauce, rice vinegar dan garlic. Ditabur kacang tanah sangrai. Dedaunan seperti basil, mint, coriander dan irisan ketimun menambah kesegaran salad. 

Sedang sebagai kriuk adalah lumpia daging sapi.  Apalah salad tanpa kriuk sedikit.. 2 tusuk sate sapi manis menambah rasa semakin pas. Biarpun hanya sedikit, taburan wijen sangrai menambah suasana dalam mulut semakin mantap.

PHO VIETNAM, Saigon cafe, vindex tengker, alam sutera

Terakhir saya mengambil caramel pudding dan Ice coffee Vietnam.  Nah ini sebagai pencuci mulut yang sedap.  Pahit coffee dibilas dengan legitnya caramel.   

Sekian dari saya, pulang dengan hati gembira.

Salam kuliner  - VT


 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...