Wednesday, 14 February 2018

SHINJUKU GOLDEN GAI



SHINJUKU GOLDEN GAI

SHINJUKU GOLDEN GAI, vindex tengker

Shinjuku Golden Gai (golden gate) adalah sebuah distrik di tengah2 metropolitan Tokyo, diantara bangunan2 moderen yang menjulang tinggi, dan keramaian area perbelanjaan Shinjuku yang super2 bising.  Distrik yang didominasi dengan bangunan2 kayu, berdekatan tanpa jarak antara satu dengan yang lainnya, berada persis di pinggir gang2 sempit, nan rapih, bersih. Terdapat Hanazono Shrine disalah satu sudutnya.

Kalau tidak salah hanya kurang lebih 6 gang saja, tidak terlalu luas. Golden Gai ini adalah tempat berkumpulnya para artis, seniman dan musisi.  Maka jangan heran bila sesekali waktu bertemu dengan artis/musisi Jepang keluar dari salah satu bangunan kayu tersebut yang tak lain adalah bar, tempat minum2 tradisional Jepang.

Bila kita melongok ke dalam, hanya terdapat satu meja bar pajang, tidak lebih dari dua meter, lalu kursi mungkin hanya 4 buah atau 6.  Bahkan ada yang hanya 2 kursi.
Menurut beberapa orang, dulunya bar tersebut hanya menerima langganan atau orang2 yang mereka kenal saja.  Bila ada orang lain, biasanya dibawa dan diperkenalkan oleh pelanggannya.  Namun saat ini ada beberapa bar yang mulai membuka untuk orang asing.  Biasanya ditandai dengan menu yang berbahasa Inggris, dan biasanya pula dikenakan covercharge. Jadi baca dulu keterangan sebelum anda masuk ke dalam.
Berikut adalah foto2 dari Golden Gate.

SHINJUKU GOLDEN GAI, vindex tengker

·         Jalan masuk dari jalan utama Shinjuku, tempat perbelanjaan moderen.  Gang yang tertata rapih dan bersih, sejuk dan rindang.  Tidak disangka bila di dalamnya terdapat gang2 tradisional Jepang.  Menurut saya daerah ini adalah spot yang sangat sexy bagi pecinta photograph. Tetap ya, sopan santun harus dijaga, mintalah ijin bila ingin memphoto bagian properti mereka.

SHINJUKU GOLDEN GAI, vindex tengker

·         Bila siang terlihat sepi, tidak terlalu banyak aktivitas.  Nyaris mirip tempat mati, sangka saya waktu itu.  Ternyata menjelang sore mulai nampak bergeliat aktivitas disekitaran. Menanjak malam mulai ramai, namun tidak seramai di jalanan diluar gang.

SHINJUKU GOLDEN GAI, vindex tengker

·     Menurut beberapa sumber Golden Gai adalah red distric-nya Tokyo.  Jauh berbeda dengan red distric di beberapa kota besar di Eropa atau Amerika. Disini nuansa tradisionalnya masih kentara jelas. Bahkan orang2nya sangat ramah dan hangat terhadap turis. 

SHINJUKU GOLDEN GAI, vindex tengker
Spot menarik untuk para photographer.

SHINJUKU GOLDEN GAI, vindex tengker

Sekian cerita saya dari Shinjuku – Tokyo.  Salam Kuliner - VT

_____

 




RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...