Wednesday, 7 March 2018

FISH and COW – STAVANGER NORWAY



FISH and COW – STAVANGER NORWAY

FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, short ribs
Saya mendapati resto Fish and Cow secara tidak sengaja, setelah pagi hingga menjelang sore, satu harian mendaki ke Preikestolen, pegunungan penuh bebatuan dan lembah jurang terjal.
Lelah dan lapar tidak ketulungan. Lalu kami turun kembali ke pelabuhan dan mencari2 tempat untuk memuaskan cacing2 dalam perut kami.  “I want to eat the whole pig” begitu kata anak2 saya bila lapar menyerang hebat. Haha

Have no idea mana resto yang enak dan harga terjangkau di Stavanger by the harbour sini.  Menurut beberapa orang penganan di daerah Norway sini mahal2 minta ampun. Jangankan sekelas resto, McD saja harganya waalah makk, rasanya tidak berat mengeluarkan uang..
Semua tempat makan ramai, banyak orang duduk2 dan menikmati sore, semuanya kelihatan enak. 
Tampak dari luar satu resto yang meng “aging” kan daging sendiri, dan terlihat banyak pengunjung.  Akhirnya kita memilih tempat ini “Fish and Cow”. Sesuai dengan namanya resto ini menyajikan menu ikan dan sapi.

Resto yang mengusung fresh dishes made from locally-grown produce ini tampak bersih, rapih, dan kami duduk di teras sembari menunggu matahari terbenam dan melihat orang lalu-lalang di dermaga. 
Disuguh air mineral, sejuk, menyusuri kerongkongan, biarpun udara saat itu 10 C. Oh ya, air mineral free of charge sedangkan bila memilih coke, alamakk mahalnya minta ampun, kurleb 100 rb Cuma untuk 1 can saja. 
Memang ya Norway dan Finland terkenal dengan harga makanan yang lumayan menguras kantong. Saran saya untuk meminta menu dan melihat daftar harga sebelum memasuki sebuah resto.
FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, focaccia
Pertama datang, akan disuguhkan focacia bread hangat dan garlic butter. Focaccia adalah tipikal bread Italia bertabur herbs. Sedang menteganya telah dicampur bawang putih cincang dan dikocok. Focaccia-nya ya, enak sekali, tekstur luar garing / flaky dan dalamnya lembut, wangi.
Saya penggemar bread dan telah menikmati bread dimana2. Dan ini adalah salah satu bread yang terenak. Kolaborasi dengan garlic butter membuat perut bertambah lapar.

FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, garlic butter

FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, caesar salad
Berikutnya adalah green salad dan tomato dengan dressing caesar. Wuih lettucenya krius2,, segar, tomatnya merah merekah, sangat fresh dan manis. Tambahan anchoviesnya membuat rasa semakin lengkap. Anchovies adalah ikan sardin kecil2 yang diawetkan dengan cara mengasinkan.  Daerah sini terkenal dengan ikannya.
FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker

FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, gruyere sandwich
Grilled cheese sandwich gruyere and ham. Disajikan dengan white toast regular, tambahan keju gruyere, keju Swiss yang bertekstur keras terbuat dari susu sapi asal daerah Gruyere. Tampakan keju ini mirip keju ementhal Belanda, hanya warna kuning lebih gelap dan proses pematangan lebih lama, sehingga lebih keras.

FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, dry aged beef
Daging yang sedang mengalami proses  “dry-aging” di dalam kabinet yang telah diatur suhu dan kelembaban sesuai resepnya, agar mendapat rasa dan tekstur yang unik. 
Jaman dahulu proses dry-aging hanya diangin2kan di udara terbuka dalam waktu tertentu.  Namun saat ini diproses dalam ruangan atau kabinet dengan alat pengatur suhu dan kelembaban. Hasilnya lebih konsisten dan lebih hygiene tentunya. Tetapi cara tradisional tentu masih dapat dijumpai di daerah2.
FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker. dry aged beef

FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, t-bone steak
‘T-bone Angus from Prima Jaeren’ . Saya memilihnya dari kabinet yang telah melalui proses aging selama 6 minggu. Di masak dengan menggunakan Josper grill, disajikan dengan fries dan salad tomat dan saus bearnaise. 
Josper grill adalah alat untuk memanggang makanan secara tradisional dengan menggunakan kayu /arang namun didesign moderen seperti di dalam oven, sehingga memiliki panas yang konsisten dan lama.  Hampir sebagian besar Europian memasak steak menggunakan josper grill ini.
Di-topping dengan saute butter, onion, leek dan wine ..  wualaah makjonnn henaknyooo

Tahukan rasanya seperti apa bila makanan dipangang menggunakan kayu bakar..? enak dan wangi pastinya.

Saus bearnaise adalah saus yang terbuat dari mentega, bawang merah, kuning telur, champagne vinegar atau white wine vinegar, fresh lemon juice dan daun tarragon.
FISH and COW – STAVANGER NORWAY, vindex tengker, short ribs
Short ribs disajikan dengan jalapenos, salad dan coriander. Iga panggang ini juga dimasak menggunakan Josper grill lalu ditabur dengan daun ketumbar.  Wuihhh wangi saus dan daun ketumbar menjadi satu, menggelitik indra penciuman yang saat itu kudu segera memberikan sinyal keotak agar sesegera mungkin si saraf2 lidah mengeluarkan air liur dan memberi aba2 pada si cacing pemain orkestra di dalam perut agar segera secepatnya membunyikan simphoni rasa lapar yang tiada tara..

Si ribs ini sebelumnya direbus dengan bumbu2 diatas api kecil yang cukup lama, lalu dioles dengan bumbu bbq dan dipanggang sebentar, jadi si daging ini empuknya tidak kepalang.. baru dipelototin saja si daging sudah lepas2 dari tulangnya.. haha.. enak sekali!

Lalu tentu, early dinner ini kami akhiri dengan single shot espresso.  Woalaaa.. komplit! Kami pulang dengan perut kenyang dan hati senang.  Salam kuliner - VT

_____










 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...