optional

Monday 5 March 2018

TRIK MEMBUAT SAYUR ASEM VEGETARIAN



TRIK MEMBUAT SAYUR ASEM VEGETARIAN

TRIK MEMBUAT SAYUR ASEM VEGETARIAN, vindex tengker
Siapa yang tidak suka sayur asem? Saya rasa semua orang kita demen sayur asem. Berbagai versi sayur asem, contohnya: sayur asem Jawa, terbuat dari air yang dibumbui dengan buah asem, salam, laos, bawang merah dan terasi. Sama halnya dengan sayur asem Jawa, sayur asem Jakarta penambahannya adalah cabai dan kemiri.

Beberapa orang mengganti air biasa dengan kaldu daging sapi agar lebih gurih. Namun kaldu dan terasi udang ini tidak bisa diterima oleh vegan dan orang yang alergi terhadap udang. Lalu solusinya bagaimana agar vegan dan alergan tetap bisa bebas menikmati segarnya sayur asem?

Caranya adalah dengan membuat kaldu sayuran dengan isian labu siam, bawang bombai dan bongkol jagung.  Perbandingan bongkol jagung lebih besar daripada sayuran yang lain.

Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih semua sayuran, lalu masukkan ke dalam panci stock, tuang air biasa lalu rebus dengan api sedang. Bila menginginkan kaldu agak kental, masak dengan air sedikit saja, begitu juga sebaliknya.

Tunggu hingga mendidih pertama, yaitu letupan pertama, lalu segera kecilkan apinya. Masak dengan api kecil hingga kurleb 1 jam. Buang kotoran yang mengapung diatasnya.  Setelah itu angkat dan saring.
Lalu kaldu siap di gunakan untuk sayur asem.  Tidak perlu menggunakan terasi, perpaduan bumbu sayur asem, salam, laos, bawang merah, asem / tomat hijau / belimbing wuluh, cabai dan kaldu sayuran akan menghasilkan kuah yang sangat wow.. harum dan menyegarkan.

Sayur asem vegetarian diatas saya buat untuk KASIH Restaurant di LA, dimana komunitas vegetarian ataupun simpatisan vegetarian sangatlah besar. Satu2nya jalan agar dapat menyajikan sayur asem yang enak adalah dengan cara membuat kaldu sayuran yang enak, wangi dan segar. 

_____

No comments:

Post a Comment