Thursday, 15 March 2018

MERINGUE with LEMONCURD



MERINGUE with LEMONCURD

MERINGUE with LEMONCURD, vindex tengker
Di negara sono, camilan ini biasanya disajikan pada musim panas.  Rasa kecut segar manis pas untuk camilan musim panas.  Karena di negara kita, matahari bersinar sepanjang tahun, jadi camilan ini menjadi camilan sepanjang tahun.

MERINGUE:
4 putih telur, suhu ruangan
½ sdt cream of tartar
1 cangkir gula
2 cangkir lemoncurd (lihat resep dibawah)

Cara membuat Meringue:
Panaskan oven 150 C. Pasang baking paper diatas baking tray, lalu oles dengan minyak tipis2. Sisihkan.   
Kocok putih telur hingga agak kaku kurleb 1 menit.  Masukkan cream of tartar lalu gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku.   
Isikan ke dalam piping bag (bila menggunakan Wilton, pakai ujung no 21). Semprotkan perlahan diatas baking paper membentuk sarang burung.
Masukkan dalam oven kurleb 10 menit pada suhu 150 C, lalu kecilkan ke 120 C kurleb 10 – 20 menit atau hingga meringue keras dan agak sedikit kecoklatan.  Matikan oven, biarkan meringue di dalam oven dengan membuka pintu oven.  Biarkan hingga dingin.
Sendokkan lemon curd diatasnya lalu sajikan segera.

LEMON CURD
3 buah lemon
1 ½ cangkir gula
100 gram mentega tawar, suhu ruangan
4 buah telur
½ cangkir lemon jus (3 – 4 lemon)
½ sendok teh kosher salt

Cara mengolah:
Gunakan pisau untuk mengupas wortel, kupas kulit lemon. Tetapi jangan sampai bagian putihnya keikut.
Haluskan menggukanan foodprocessor, tambahkan gula.
Dalam wadah lain, masukkan mentega dan campuran kulit lemon dan gula.  Masukkan telur satu persatu. Lalu jus lemon.  Kocok hingga tercampur rata.
Pindahkan dalam panci saus lalu jerang diatas api kecil. Aduk hingga kental, kurleb 10 menit.  Angkat dan biarkan dingin. 

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...