Friday, 29 June 2018

KUE PUTU MAYANG

 KUE PUTU MAYANG 

KUE PUTU MAYANG
Kue Putu Mayang adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk mirip gulungan mie. Dibeberapa tempat memakannya dengan cara mengguyur kuah gula merah dan santan, ada pula yang menggunakan kelapa parut.

Pada resep dibawah saya menggunakan kuah gula merah dan santan kental.  Bila ingin kuah lebih kental sedikit boleh ditambahkan tepung beras 1 – 2  sendok makan, masukkan bersama2 bahan lain pada saat merebus kuah.

Bila menggukan kelapa parut, tambahkan garam pada parutan kelapa lalu kukus sebentar agar tidak mudah basi. Tambahkan gula pada bahan putu mayang biar agak manis sedikit.

Bahan:
225 gram tepung beras
1 sendok makan tepung sagu tani
50 ml santan kental dari ¼ butir kelapa
100 ml air, untuk menguleni
¼ sendok teh garam
1 ½ - 2 sendok makan air daun suji, untuk pewarna hijau
1 ½  tetes pewarna makanan warna merah
Daun pisang untuk alas secukupnya, oles tipis2 menggunakan minyak sayur

Kuah:
300 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
200 gram gula merah, sisir
1 lembar daun pandan, ikat
½ sendok teh garam

Cara Mengolah:

Panaskan dandang yang berisi air.
Campur tepung beras dan tepung sagu tani lalu letakkan diatas kain tipis (bisa gunakan cheese cloth bila ada atau serbet bersih), padatkan dan ikat.  Kukus dalam dandang panas kurleb 10 menit.  Angkat.
Buka kain pembungkus dan pindahkan dalam wadah lalu tuang air sedikit demi sedikit dan ulen hingga kalis.
Bagi adonan menjadi dua. Tambahkan air daun suji ke dalam satu bagian adonan, ulen hingga warna tercampur rata. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang satunya dengan menambahkan warna merah (bila ingin tiga warna, bagi adonan menjadi 3).
Masukkan adonan dalam cetakan petulo (cetakan putu mayang). Siapkan daun yang telah dioles tipis minyak sayur. Tekan diatas daun hingga membentuk gumpalan mi.  
Ulangi proses yang sama hingga adonan habis. Letakkan didalam dandang panas dan kukus hingga matang (± 15 menit). Angkat.

Kuah gula merah:  rebus dan aduk semua bahan hingga mendidih cukup satu letupan saja. Angkat lalu saring.  

KUE PUTU MAYANG
_____





RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...