Friday, 29 June 2018

BAYAM TELUR ASIN


BAYAM TELUR ASIN

BAYAM TELUR ASIN, vindex tengker

Sajian bayam dengan 3 macam telur ini banyak dijumpai pada Chinese restaurant.  Membuatnya sangat gampang dan sederhana, hanya mengandalkan kaldu ayam.  Untuk itu gunakan kaldu ayam yang bagus.  Buat sendiri kaldu ayam dengan menggunakan ayam kampung.  Buat dalam jumlah banyak lalu simpan dalam kantung2 plastik kecil ukuran sekali pakai, simpan dalam freezer. Pindahkan seperlunya dalam chiller semalaman sebelum digunakan agar mencair.
Kalau pada resto Chinese digunakan 3 macam telur yaitu telur ayam biasa, telur asin dan telur pitan atau sering disebut juga century egg, disini saya hanya gunakan telur asin.  Lalu bawang putih sebelumnya dioven sebentar, agar rasanya tidak terlalu kuat, karena saya menggunakan bawang putih cukup banyak.  Perpaduan rasa bawang putih oven dengan kuah bayam telur asin ini enak sekali, jadi sayang kalau hanya menggunakan bawang putih sedikit.
Bila suka bisa ditabur dengan irisan rawit merah.

Bahan:
3 – 5 siung bawang putih, oven sebentar, belah 2
2 ikat bayam horenso / pocay
2 buah telur asin
1 buah telur pitan rebus, belah menjadi 8 (boleh sebagai bahan tambahan)
300 ml kadu ayam (bisa diganti dengan ½ sendok teh kaldu bubuk, pilih yang kaldu bubuk yang bagus, karena berpengaruh besar terhadap rasa akhir)
½ - 1 sendok teh merica bubuk
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis, sebaiknya gunakan minyak bawang

Cara mengolah:
Tumis bawang putih yang telah dipanggang. Masukkan bayam, tumis sebentar agar layu.  Tuang air kaldu (bila menggunakan kaldu bubuk, ganti air kaldu dengan air biasa, lalu masukkan kaldu bubuk).
Segera masukkan telur asin dan sedikit saja diaduk agar telur masih bergumpal2.  Bumbui dengan merica dan garam. Sebelum diangkat masukkan potongan telur pitan (bila suka).
Santap selagi panas. 
_____


RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...