Monday, 30 January 2017

BUTTER POACHED LOBSTER w PESTO


BUTTER POACHED LOBSTER w PESTO

Untuk 4 porsi

Bahan:
4 x 150 g lobster tail
8 sdm mentega tawar
1 buah bawang Bombay ukuran sedang, kupas, cincang
1 batang seledri, cincang
1 buah wortel, kupas, cincang
1 butir bawang merah, kupas, cincang
2 siung bawang putih, iris tipis
1 cangkir anggur putih, biasa sy gunakan Chardonnay atau Riesling
1 cangkir kaldu ayam, atau kaldu sayuran
Garam secukupnya
1 sdm lemon jus
4 sdm pesto
sedikit microgreens untuk hiasan





Cara Pengolahan:
Letakkan 4 sdm mentega tawar diatas skillet (pan dengan bawah tebal agar tidak gampang gosong).   Panaskan dengan api sedang.

Bila mentega sudah leleh tambahkan bawang Bombay, seledri, wortel, bawang merah dan bawang putih.   Masak hingga layu tanpa merubah warnanya. 

Tambahkan anggur putih dan besarkan apinya, masak kembali agar anggur berkurang setengahnya kemudian tabahkan kaldu dan biarkan menyusut lagi hingga tinggal 2 cangkir. Angkat lalu saring.  Sisihkan.

Pada panci terpisah tambahkan air kurang lebih 3-4 cm tingginya, biarkan mendidih dan tambahkan garam. Masukkan lobster selama 2 menit lalu angkat. Secepatnya celup dalam air es, agar proses pematangan terhenti. Keluarkan lobster dari kulit ekornya. 

Panaskan saus mentega, masukkan lobsternya, masak kurleb 3-4 menit.  Tambahkan sisa 4 sdm mentega kedalam sausnya.  Tambahkan pula jus lemon.  Bumbui dengan garam dan merica cayenne.  Angkat dan sajikan.

Letakkan lobster yg sdh dimasak diatas piring, siram dengan sedikit saus menteganya lalu tambahkan saus pesto utk penambah tampilan warna dan rasa di sekitar piringnya.
Hias dengan microgreens

________


RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...