Friday, 17 March 2017

PAN ROASTED COD


PAN ROASTED COD

Ikan cod adalah salah satu ikan yang banyak digunakan untuk olahan.  Berdaging putih dan bersifat firm, berserat halus seperti tenggiri, dan moist didalamnya. Ikan cod ini banyak digunakan sebagai olahan, misal fish and chips dll, bahkan hati ikan cod digunakan sebagai multivitamin karena banyak mengandung omega 3. 


Karena hidangan ini sangat simpel dan sebagian besar rasa makanan terletak pada pemilihan bahan dan teknik mengolah, disarankan untuk menggunakan bahan yang berkualitas bagus, ikannya yang bagus yang masih segar, olive oil nya yang beraroma buah olive, garam, merica dll.


Sajikan ikan pan roasted cod ini dengan mix green (salad) dan dressing balsamic dressing atau dressing yang memiliki rasa citrus, agar lebih terasa segar dan ringan.

Atau bisa dengan menggunakan sisa olive oil dari penggorengan lalu ditambah lemon juice dengan perbandingan 1 sdm olive oil and ½ sdm lemon juice, garam dan merica.



Bahan:

2 X 80 g                fillet of Cod, kerat-kerat

30 g                 herb mix: daun basil, daun coriander, thyme, rosemary, extra virgin olive oil (cincang).  Gunakan dedaunan segar, saat ini banyak dijumpai supermarket atau bahkan pasar moderen (saya menjumpai fresh dedaunan ini di pasar moderen 8 BSD, Serpong)

2 sdm                    olive oil


Cara mengolah:

Letakkan ikan cod pada wadah datar.  Bumbui dengan garam dan lada secukupnya.

Panaskan penggorengan anti lengket.   
Pan fried ikan cod pada kedua sisinya kurleb 2 menit atau hingga  mendapatkan warna coklat gelap pada sisi2nya.

Tabur atasnya dengan herb mix.  
 Lalu angkat dan masukkan penggorengan ke dalam  oven panas 180° C kurleb 7 menit atau hingga ikan matang.  Angkat dan sajikan dengan salad segar.

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...