Wednesday, 22 March 2017

SOTO GENTHONG CIREBONAN dan KURMA MEDJOOL



 SOTO GENTHONG CIREBONAN dan KURMA MEDJOOL

 Untuk 4 porsi
Jumlah kurma yang meningkat pada saat bulan Ramadhan, memberikan kemudahan kepada kita agar berkreasi lebih banyak lagi untuk menambah daftar hidangan menyambut Idhul Fitri.  Kali ini saya mengkolaborasikan antara Empal Genthong Cirebon dengan buah kurma Medjool untuk hidangan special lebaran. 
Empal Genthong yang terkenal gurih, sarat nutrisi ditambah dengan kurma Medjool yang manis, berdaging dan moist ini, sangatlah pas untuk memulihkan nutrisi yang hilang selama bulan puasa.

Bagi yang tidak menghendaki jeroan, bisa diganti menggunakan daging semua, pilih daging sandung lamur.  Sandung lamur adalah bagian daging sapi dada, dibawah ketiak.   
Biasanya bagian ini sedikit mengandung lemak seperti yang biasa digunakan untuk daging rawon.  Tetapi apa bila anda menghendaki tanpa lemak sama sekali gunakan daging lulur. 
Bagian lulur ini direbus hanya sebentar karena sudah lembut.
Dan apabila menginginkan soto lebih encer, disarankan untuk menggunakan santan encer saja.

Didalam foto ini saya menggunakan santan kental  kemudian saya tuang dengan sedikit kuah agar penampakan daging dan kurma Medjool lebih terlihat.

***Resep serupa pernah saya tuliskan untuk US Medjool Dates dengan judul Beef and Medjool Dates in Cirebon Style curried coconut broth

Bahan:
250 g daging sapi
200 g jeroan (bisa diganti daging sapi)
1 L air
1 btg serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 cm kayu manis
3 buah cengkih
½ sdt jinten
2 lembar daun salam
150 g kurma Medjool, belah dua
300 ml santan kental dari ½ buah kelapa (bisa diganti dengan santan encer dari ¼ buah kelapa)   
Gula pasir dan garam secukupnya

Taburan:
½ sdm bawang goreng
½ sdm daun bawang, iris
1 iris tomat segar

Bumbu, haluskan:
 3 siung bawang putih
2-3 cm kunyit bakar
 6 butir bawang merah
½ sdt ketumbar sangrai
3 buah kemiri sangrai
3 buah kapulaga

Cara membuat:
Rebus terpisah daging dan jeroan dalam air hingga empuk.  Sisakan air rebusan daging sapi kurleb 1 L. Angkat daging dan jeroan dan iris sesuai selera lalu kembalikan ke panci kaldu. 
Tumis bumbu halus hingga beraroma.  Masukkan kayu manis, serai, lengkuas, jahe dan jinten, aduk. Bumbui dengan garam  dan gula.  Tuang santan dan masukkan kurma Medjool sambil diaduk perlahan dan terus menerus. Bila sudah mendidih kecilkan apinya, biarkan simmer sebentar agar bumbu lebih terserap.  Koreksi rasa. Angkat.
Tabur dengan bawang goreng, irisan daun bawang dan tomat segar sebelum menyajikan.

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...