optional

Tuesday, 19 March 2019

CINNAMON ROLL toppingan CREAM CHEESE sederhana

CINNAMON ROLL toppingan CREAM CHEESE sederhana, vindex tengker

CINNAMON ROLL toppingan CREAM CHEESE sederhana

Resep ini pernah saya posting sebelumnya, coba cari di postingan sebelumnya. Saya buat plek ketiplek dengan resep sebelumnya, hanya cream cheese saya buat lebih sederhana hanya dengan cream cheese mixer dengan skm. Hanya itu lebih cepat dan tentu nikmatnya sama, ga kalah.

Resep cinbun-nya paling pas buat saya, lembut, moist hingga beberapa hari. Roll bisa disimpan dalam kulkas, bila ingin makan, tinggal dipanaskan dengan microwave kurang dari 1 menit, lalu spuit dengan toppingan cream cheese.  Siapkan cream cheese toppingan dalam kulkas juga, ready dalam kantung spuit, agar sewaktu2 bila diperlukan tinggal spuitkan fresh.

Lalu diresep ini saya ketebalan saya ganti dengan 1 ½ cm agar bun lebih terasa. Dan saya buat untuk single serving. Jadi setelah dipotong, diletakkan dalam loyang untuk muffin. 

CINNAMON ROLL toppingan CREAM CHEESE sederhana, vindex tengker
Bahan:
300 gram terigu protein tinggi ( boleh dikombinasi dengan tepung whole wheat dan sebangsanya.  Kurangi terigu tsb 50 gram dan ganti dengan whole wheat 50 gram)
50 gram gula pasir butiran halus (b0leh kurang atau lebih sedikit)
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh ragi instant kering
3 butir kuning telur ayam kampung (bila ayam negeri cukup 2 saja)
2 sendok makan whipped cream cair
150 gram air matang atau susu cair (boleh tambah atau kurang sedikit, tergantung pada adonan)
30 gram butter (boleh margarine atau kombinasi keduanya)
Sejumput garam

Isian cinnamon:
3 sendok makan mentega
4 sendok makan gula palem
1 ½ sendok makan cinnamon bubuk
Langkah isian cinnamonroll:
Campur rata gula palem dan cinnamon bubuk

Langkah:
Gunakan mixer yang menggunakan hook untuk roti. Mixer tepung, gula, susu bubuk, dan ragi instant, sambil menuang air dan whipped cream sedikit demi sedikit bergantian, habiskan whipped cream. Sisakan bangsa 2 sendok makan air untuk berjaga2 bila adonan terlalu lembek.
Masukkan kuning telur satu persatu. Setelah tercampur rata dan agak kalis kurleb 10 menit, masukkan mentega sedikit demi sedikit.
Lalu garam.  Cek bila adonan terlalu keras, tambah air yang disimpan tadi. Kalau terlalu lembek tambahkan tepung sedikit demi sedikit hingga pas.
Mixer hingga kalis elastis. Lakukan windowpane test (lumuri tangan dengan sedikit mentega. Ambil sedikit adonan, bulatkan dan buka sedikit demi sedikit hingga mirip selembar plastik transparan). Windowpane ini kudu ya, agar roti lembut, berserat bagus serta tidak gampang busuk / rusak.

Bulatkan adonan menjadi bulatan besar. Tutup menggunakan plastic wrap. Letakkan pada tempat terhangat diruangan anda. Biarkan mengembang 2x lipat kurleb 1 jam, tergantung suhu masing2 ruangan. Semakin hangat semakin cepat mengembang. Bila tidak ada ruangan yang hangat, caranya nyalakan oven suhu paling rendah. Letakkan wadah berdekatan dengan oven menyala.

Setelah mengembang 2 x, kempiskan adonan.  Letakkan pada meja kerja yang sebelumnya ditabur dengan tepung. 
Gilas adonan hingga setipis  kurleb 1 ½ cm. Oles permukaan dengan mentega hingga rata. Tabur dengan campuran gula palem bubuk dan cinnamon bubuk.
Gulung dari satu sisi menuju sisi lainnya. Pada ujung sisi terakhir, lengketkan, cubit2 agar menyatu dan tidak lepas sambil dipijat2 dan diratakan agar besarnya sama.
Potong2 kurleb 2 cm atau menjadi 9 bagian. Letakkan pada loyang muffin yang telah dialas dengan kertas baking atau kertas untuk muffin. Tutup lagi dengan plastic wrap dan biarkan mengembang 2x lipat, kurleb 30 – 45 menit.

Masukkan dalam oven panas 180 C, panaskan sebelumnya. Bila tidak menggunakan toppingan, sebelum memasukkan dalam oven atasnya boleh ditabur dengan gula palem. Agar nanti matangnya lebih cantik dan rustik. Letakkan diatas rak paling bawah dengan api bawah kurleb 30 menit. Lalu pindahkan ke rak atas, masih dengan api bawah untuk 10 menit lagi. Tehnik mengoven ini tergantung dengan karakter masing2 oven ya, kadang biarpun merek sama, karakter bisa berbeda. Untuk itu kenali oven masing2.
Pindahkan keatas cooling rack dan biarkan dingin.
Setelah dingin, oles dengan cream cheese atau olesan andalan masing2.


Resep sederhana toppingan CREAM CHEESE
4 sendok makan cream cheese
3 sendok makan susu kental manis
Langkah:
Mixer jadi satu hingga lembut, mengembang dan ringan.
Masukkan dalam piping bag, lalu spuitkan keatas cinnamon roll yang sudah dingin.
Kalau terlau cair tambah sedikit cream cheese. 
_____

No comments:

Post a comment