optional

Monday, 4 March 2019

MARTELL DINNER at Courtyard By Marriott Bandung

MARTELL DINNER at Court Yard By Marriott Bandung, vindextengker

MARTELL DINNER at Courtyard By Marriott Bandung

Seperti tahun2 sebelumnya, saya bebarengan grup Martell melakukan dinner show di beberapa tempat. Kali ini, untuk kesekian kali saya akan berkolaborasi dengan kitchen team dari Courtyard by Marriott Bandung. Menyenangkan sekali mendapat team yang sangat solid, dibawah komando chef Dhian Radwianto, sehingga semua pekerjaan dapat didelegasikan dan dieksekusi dengan sempurna. Thanks team!

MARTELL DINNER at Court Yard By Marriott Bandung, vindextengker
Beet cured salmon with vegetable salsa, avocado and lemon dressing, adalah daging ikan salmon yang diawetkan menggunakan rempah2 (merica, daun dill, berries, lemon, sedikit jahe, garam laut, dan acar bit) sehingga warna yang dihasilkan merah gelap cenderung ungu seperti bit. Mirip salmon gravlax tehnik pembuatannya hanya ditambah beberapa herb saja.

Disajikan dengan vegetable salsa, isiannya adalah avocado, tomato, onion, jalapeno / cabai hijau Mexico, cincangan daun ketumbar, perasan sedikit jeruk lemon.

Lalu ditambah sedikit pemanis / hiasan yang juga bisa dinikmati yaitu lemon dressing, lemon  yang dicampur dengan virgin olive oil  dan ditambah pesto sedikit agar tampilan lebih waw.
Nah bisa dibayangkan kan, rasa daging salmon cured yang kaya rasa disegarkan oleh vegetable salsa dan tambahan lemon dressing? Nah seluruh rasa berpadu menjadikan appetizer lebih nikmat namun ringan.
MARTELL DINNER at Court Yard By Marriott Bandung, vindextengker
Wild mushroom and chestnut soup with porcini, smoked chicken and truffle potsticker. Hidangan kedua berupa soup membuat apetite kita semakin naik.. itulah fungsinya dinner course by course, untuk meningkatkan appetite, dan nanti saat maincourse menjadi puncak tertinggi tampilan dan nafsu makan kita.

Mushroom - portobello dan sedikit procini dan herb yang lain, leek, carrot, thyme, dan kaldu sayuran menyumbangkan rasa umami lumayan kuat. Untuk itu penambahan kacang chestnut, penyumbang rasa creamy tetapi ringan diperlukan agar tampilan rasa yang seimbang.
Sedang wonton isian jamur procini, smoked chicken dan jamur truffle memperkaya baik rasa maupun tampilan soup ini.
Putih melingkar adalah cream yang dimasak ringan dengan herb.

MARTELL DINNER at Court Yard By Marriott Bandung, vindextengker
Roast beef tenderloin, gratin potato and garlic jus. Daging sapi bagian dada yang diroast dengan butter, bawang putih, rosemary, garam merica, dan wine secukupnya ini sangat simpel. Simple bumbu dan simple tehnik, tidak neko2 tapi menghasilkan rasa yang luar biasa enak dan elegan.

Tehnik panseared untuk mendapatkan warna dan garing2 bagian luarnya lalu dipanggang dalam  oven dengan suhu rendah untuk mendapatkan interior yang lembut, lumer dan warna yang cantik.

Disajikan dengan kentang mashed lalu dipanggang dengan api atas. Tumis tomat, sayur hijau, jamur, adalah sebagai penyeimbang protein dan karbo dari kentang.
Benar2 roast beef ini sebagai puncak dari hidangan kali ini.

MARTELL DINNER at Court Yard By Marriott Bandung, vindextengker
Dan sebagai penutup adalah banana chocolate mouse cake, strawberries coullis and chocolate crumb. Chocolate dan pisang adalah sepasang makanan serasi. Pisang melebur dengan baik terhadap chocolate, begitu juga sebaliknya. Selain pisang dicampur dengan cake, ditampilkan pula pisang potong pan fried dengan butter agar tampilan lebih bagus.

Lalu dituang sedikit strawberries coullis untuk mendapatkan warna keseluruhannya cantik. Tentu saja mengambil coullis yang cocok dengan pisang. Jatuhlah pilihan kami kepada strawberries. Warna dan rasa sangat mendukung sajian ini. Agar atasnya tidak polos begitu saja, ditambahlah hancuran white chocolate diatasnya.

Nah, dengan senang hati, silahkan menu tsb diatas dijadikan perbendaharaan masakan anda
 – salam, VT
_____

No comments:

Post a comment