optional

Tuesday 26 March 2019

PEANUT BUTTER COOKIES

KUKER PINDEKAS, vindex tengker

PEANUT BUTTER COOKIES

Rebake dari majalah Femina, edisi tahun jadoel bingit, dengan sedikit modif dan note dari saya.
Saya menggunakan home made peanut butter, tanpa gula, tanpa garam.  Kacang tanpa kulit dipanggang dalam oven hingga matang, lalu diblender dengan sedikit minyak. Bila beli jadi dari toko, cek tingkat kemanisannya, adjust dengan gula dalam resep.

Saya menggunakan extra virgin olive oil dengan khas wangi yang herby, menghasilkan kuker yang super lembut dan wangi kacang lebih ngangkat menurut saya. Minyak sayur biasapun sudah woke bingit.

Bahan olesan kalau mau kuning cantik, gunakan kuning telur atau boleh tambah madu yang warnanya kecoklatan. Yang ini saya gunakan kuning telur plus madu hutan.. makanya warnanya gelap, tapi rustic, lebih exotis sih menurut saya 😊

Bahan:
450 gram tepung terigu protein rendah
250 gram peanut butter
175 gram gula halus
1 sdt garam
½ sdt vanilla
200 ml minyak sayur
Kuning telur untuk olesan
Langkah:
Panaskan oven suhu 180 C, api atas bawah. Oles loyang dengan butter tipis2.

Siapkan wadah. Letakkan pertama tepung di paling bawah, agar pindekas tidak ketingal pada dasar wadah.  Lalu gula halus, lalu pindekas, garam, vanilla. Aduk menggunakan tangan. Setelah make sure, semua tercampur dan tidak ada pindekas yang bergumpal, tuang minyak sedikit demi sedikit, sambil diaduk menggunakan tangan hingga rata. Stop minyak bila adonan sudah lembek (tergantung kadar minyak dalam pindekas).

Ambil sedikit adonan, tutup dengan plastik agar tidak lengket, lalu gilas tipis kurleb 1 cm.
Bila menggunakan cutter, celup sedikit dalam tepung, agar tidak lengket, atau boleh dibentuk bulat lalu dipipihkan.  Oles kuning telur sebelum dipanggang. Panggang dalam oven panas kurleb 20 menit.
Angkat, biarkan dingin sebentar, baru dipindahkan ke cooling rack. 

KUKER PINDEKAS, vindex tengker

KUKER PINDEKAS, vindex tengker
Selamat mencoba :)
_____

No comments:

Post a Comment