Sunday, 16 September 2018

PRATA keju dan susu kental manis


PRATA keju dan susu kental manis

PRATA keju dan susu kental manis, vindex tengker
Roti prata ini makanan khas India, namun sudah terkenal dimana2. Biasanya dicocol dengan kuah kare. Nah kalo ditempat kita mirip dengan roti jala yang makannya dicocol dengan kuah gulai / kare.
Membuatnya sangat gampang dan bahannya mudah didapat.  Buat prata yang banyak dan simpan dalam fridge kapan kita menginginkan tinggal ambil dan dimasak di penggorengan anti lengket. Buat cocolannya bervariasi, kuah kare atau tuang sedikit diatasnya dengan susu kental manis dan taburan keju cheddar.  Enak sekali.
Resep prata saya ambil dari Thehoneycombers.com dan dengan sedikit modifikasi.

Bahan:
300 gram tepung terigu serbaguna (saya pakai segitiga biru)
½ cup minyak samin
½ cup air matang
Sejumput garam

Langkah:
Aduk tepung, garam dan air menjadi adonan.  Ulen kurleb 5 menit.
Tambahkan minyak samin dan ulen lagi kurleb 5 menit.
Bulatkan dan letakkan dalam wadah yang telah dioles minyak samin tipis dan tutup dengan kain sedikit basah / demek. Biarkan 30 menit.

Oles minyak ke tangan anda dan bagi adonan menjadi 12 buah bulatan kecil.
Oles minyak ke meja kerja tipis2.
Pipihkan tiap bulatan menjadi setipis mungkin menggunakan rolling pin.

Lipat2 lagi tiga kali lalu pipihkan lagi dan bentuk bulat tipis seperti dadar. Alasi tiap2 roti dengan plastik sehingga tidak lengket bila ditumpuk satu dengan yang lain. Biarkan kurleb 10 menit.
Panaskan penggorengan anti lengket. Disini saya gunakan penggorengan dengan dasar tebal / skillet. Oles tipis2 dengan minyak samin. Goreng prata hingga kecoklatan.

Angkat dan letakkan di atas piring saji. Letakkan paper towel / kitchen paper towel diatasnya lalu sedikit remas. Siap disajikan sebagai cocolan kuah kare atau tabur atasnya dengan parutan keju cheddar dan susu kental manis. 

PRATA keju dan susu kental manis, vindex tengker
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...