Thursday, 6 September 2018

SAUS KACANG untuk GADO GADO SIRAM


SAUS KACANG untuk GADO GADO SIRAM


SAUS KACANG untuk GADO GADO SIRAM, vindex tengker
Gado2 siram adalan gado2 dengan saus kacang yang sudah jadi, atau telah disiapkan sebelumnya dengan cara memasak saus kacangnya. Berbeda dengan gado2 ulek2 dimana saus kacang diulek fresh saat akan disajikan.

Gado2 siram ini terkenal di daerah Jawa Timur (Surabaya – Malang). Keduanya sama2 enaknya dan perlu dicoba dua2nya.
Untuk isian tidak terlalu jauh berbeda. Bila gado2 siram isiannya daun selada fresh, taoge rebus, 
kol rebus, kacang panjang rebus, kentang rebus, tahu - tempe goreng, telur rebus, kerupuk tapioka atau jenis kerupuk lainnya dan emping, lalu taburan bawang goreng. Sambal pedes disajikan secara terpisah.

Sedang gado2 ulek lebih banyak varian isian, taoge, jagung, labu, kangkung / bayam, kacang panjang, tahu – tempe goreng, telur rebus dan  kerupuk tapioka atau jenis kerupuk lainnya. Kepedesan, tinggal meminta jumlah cabai yang dikehendaki.

Bahan Saus Kacang:
250 gram kacang tanah
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 sendok makan kecap manis
100 gram gula jawa (boleh kurang)
1 sendok teh gula pasir
Garam sesuai selera
40 ml santan
200 ml air

Bumbu:
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar buang bijinya

Langkah:
Sangrai kacang tanah dengan api kecil agar tidak cepat gosong. Untuk pemula sebaiknya gunakan penggorengan berdasar tebal agar tidak cepat gosong. Jangan terlalu gosong agar tidak pahit.  
Setelah berwarna kecoklatan emas, pindahkan ke nampah / tampah / wadah lebar.  Lalu gerus2 pelan agar kulitnya terkelupas. Lalu diinteri (seperti orang desa membersihkan beras dari kulitnya).  Atau tiup2 agar kulit bisa dipindahkan.

Ada beberapa orang yang membuang mata kacang, agar pada waktu dihaluskan, mendapat bumbu saus yang sangat2 super halus dan lembut.

Ada yang mencapurnya dengan kacang mede untuk mendapatkan rasa lebih creamy. Biasanya 200 gram kacang tanah dan 50 gram kacang mede. Sangrai terpisah karena kematangan kacang berbeda2.

Tumis semua bumbu dan daun jeruk hingga harum. Oseng rata hingga layu.  Angkat.

Haluskan kacang dan bumbu tumis tadi hingga benar2 halus. Boleh menggunakan blender.

Bila sudah benar2 halus tambahkan air. Pindahkan dalam panci.

Rebus dalam panci dengan api sedang hingga berbuih. Lalu tuang santan dan aduk2 hingga matang. Sebelum diangkat tambahkan kecap, gula dan garam. Koreksi rasa. Angkat dan biarkan dingin. Siap digunakan sebagai saus gado2 siram.
_____


RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...