Sunday, 17 December 2017

BAKED POTATO SKIN with COD, PRAWN and LAMB CHORIZO



BAKED POTATO SKIN with COD, PRAWN and LAMB CHORIZO

potato skin, vindex tengker

15 potato skins

Resep dibawah ini saya presentasikan untuk US Potato, yaitu produk kentang dari Amerika. Penggunaan US Potato Half Shell ini bertujuan agar lebih praktis dan hemat waktu. Bila tidak menggunakan kentang jadi, saya sertakan pula manual untuk membuat shell sendiri.

Sosis Chorizo adalah sosis Itali, terbuat dari daging mentah yang difermentasi, diasap atau dijemur dengan cara mengangin2kan dalam suhu dan kelembaban tertentu. Jaman sekarang penjemuran dilakukan dalam kamar yang telah diatur temperatur dan kelembabannya.  Namun masih ada juga yang membuat secara tradisional sekali dengan cara menjemur pada udara terbuka. Bisa dimasak dulu sebelum dimakan atau bisa langsung dimakan.

Selalu diingat, karena potato skin ini minim bumbu, diharapkan untuk memakai bahan yang berkualitas bagus, agar hasilnya bagus.  Misal gunakan benar2 artisan cheddar dan mozzarella. Virgin olive oil yang rasa dan aroma herby kuat.

Bahan:
15 buah U.S Potato Half Shell atau 6 buah kentang biasa

Isian:
500 gram cod tanpa tulang, potong bentuk dadu
650 ml susu segar (whole milk)
6 lembar daun bay
2 gram saffron (boleh tidak pakai)

1 sendok makan olive oil
50 gram mentega
1 buah bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, cincang
200 gram sosis Itali yang disebut chorizo, iris2
Garam dan lada secukupnya
50 gram tepung terigu
½ cangkir peterseli, cincang
15 ekor udang ukuran 21 / 25, kupas

75 gram keju cheddar, parut panjang
75 gram keju mozzarella cheese, parut

Cara membuat bila anda menggunakan US Potato Half Shell: masukkan kentang dalam oven 175 C selama 15 menit atau hingga matang. Keluarkan dan sisihkan.

Cara membuat bila anda menggunakan kentang biasa: cuci bersih dan masukkan dalam oven panas (oven yang dipanaskan sebelumnya kurleb 180 C) kurleb 1 jam.  Keluarkan. Belah jadi dua bagian, lalu keluarkan menggunakan sendok daging kentang tengahnya.  Jadi anda sekarang memiliki kentang dengan lubang ditengahnya.  Sisihkan.

Topping –an: Masak ikan cod dengan susu segar (whole milk). Masukkan 2 lembar daun bay dan saffron bila menggunakan saffron.  Tutup pancinya dan masak menggunakan api kecil kurleb 3 menit.  Lalu matikan apinya dan biarkan panci tertutup dengan tambahan waktu 5 menit.

Panaskan minyak dan mentega pada wajan berbeda. Masukkan bawang bombay dan masak kurleb 10 menit atau hingga bawang bombay mengkaramel. Masukkan bawang putih dan chorizo, aduk hingga mengeluarkan minyak, lalu masukkan terigu. Aduk.

Dalam wajan yang berisi ikan cod dan susu.  Pisahkan antara ikan dan susu. Ambil susunya.
Panaskan wajan yang berisi chorizo. Lalu masukkan susu pada wajan yang berisi chorizo sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga anda mendapatkan saus kental.  Lalu masukkan udang dan peterseli. Aduk hingga udang matang.  Tambahkan garam dan lada. Angkat.

Penyelesaian:  Atur dalam potato skin masing2 udang, cod, chorizo.  Taburkan keju cheddar dan mozzarella diatasnya.  Masukkan dalam oven panas dengan api atas bawah selama 15 menit hingga keju meleleh dan warna atasnya kecoklatan.
Dalam penyajian boleh ditabur dengan chili flake diatasnya agar lebih cantik dan rasa ada sedikit pedas.

_____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...