optional

Sunday 17 December 2017

DADAR KENTANG dengan PICO DE GALLO



DADAR KENTANG dengan PICO DE GALLO

dadar kentang, vindex tengker

Untuk 6 porsi
Ini adalah resep yang pernah saya kirimkan untuk US Potato, yaitu sebuah badan yang mewakili produk pertanian kentang US. Shoe string potato adalah kentang yang diiris seperti tali sepatu, kecil dan panjang daripada french fries pada umumnya.

Pico de gallo adalah irisan segar daripada tomat, bawang bombay, cabai Mexico dan perasan lemon. Biasa dimakan bersama makanan Mexico sebagai penyegar atau acar.

Bahan:
1 buah bawang bombay, iris
4 sendok makan olive oil
25 gram mentega
400 gram US Shoestring potatoes
6 siung bawang putih
8 butir telur, kocok
½ cangkir peterseli (flat leaves), cincang

Bahan Pico de Gallo:
750 gram tomat, cincang
1 buah bawang bombay, cincang
1 atau 2 buah jalapeño (cabai Mexico) boleh diganti dengan rawit, jumlah sesuai selera, iris kasar
½ cangkir daun ketumbar, cincang kasar
1 buah lemon, ambil airnya
Secukupnya garam

Cara Membuat Dadar Kentang:
Panaskan olive oil diatas wajan dengan bawah tebal (skillet). Setelah wajan panas, kecilkan apinya.  Masukkan bawang bombay dan masak hingga layu.  Masukkan shoe string kentang lalu tutup dan masak kurleb 15-20 menit. Aduk sesekali waktu.  Bila kentang sudah lunak, masukkan bawang putih dan aduk perlahan.  Lalu masukkan telur. Tutup dan biarkan dadar matang perlahan.
Setelah 20 menit atau pinggiran berubah warna menjadi kecoklatan, tetapi bagian tengah masih lembek.  Gunakan piring untuk membalik dadar dengan cara memindahkan dadar dari wajan ke atas piring. Lalu balikan wajan menghadap kebawah dan letakkan diatas piring. Balik, sehingga bagian yang masih lembek berada di bawah. Tutup lagi dan biarkan matang.

Bila sudah matang, angkat dan sajikan dadar hangat atau dingin. Tabur dengan peterseli cincang dan sajikan dengan Pico de Gallo.
Cara membuat Pico de Gallo:  campur semua bahan dan simpan dalam kulkas kurleb 30 menit.

_____

 

No comments:

Post a Comment