optional

Tuesday 5 December 2017

SPAGHETTI CHITTARRA ala ABRUZZO

spaghetti, vindextengker


SPAGHETTI CHITTARRA ala ABRUZZO

Resep pernah ditulis di instagram  @chef_vindex_tengker
Adalah spaghetti homemade yang dibuat oleh dan menggunakan resep tradisional penduduk Abruzzo – Italia, tempat dimana spaghetti Chittarra berasal.  Dimana mereka menggunakan tepung semolina hasil pertanian daerah mereka sendiri. Selain itu semua bahan2 seperti tomat, minyak zaitun dan buah zaitun dihasilkan dari tanah mereka sendiri.

Sedang chittarra adalah sebutan alat seperti gitar untuk memotong adonan pasta. Dan hanya daerah Abruzzo saja yang memotong pasta menggunakan alat chittarra.
Bila anda tidak memiliki alat chittarra, dapat digunakan alat untuk memotong mie telur, atau gunakan bentuk pasta yang lain handmade atau bisa diiris2 manual.

spaghetti, vindex tengker
Bahan:
2 cangkir tepung semolina (bila cost terlalu tinggi bisa diganti dengan all purpose flour dengan perbandingan 1 cangkir tepung semolina dengan 1 cangkir tepung terigu)
½ sdt garam (bila ingin lebih berflavor tambahkan herbs/spices, tomat, pest, tintanya cumi, bayam puree, wortel dll)
3 buah telur
1 sdm extra virgin olive oil

spaghetti, vindex tengker
Cara Membuat:
Buat campuran tepung seperti bentuk gunung. Kemudian lubangi bagian atasnya.  Letakkan 3 telur di lubang tersebut dan olive oil.  Aduk menggunakan garpu mulai dari pinggir bawa keatas-tengah. Lakukan hingga semua tercampur.  Lalu uleni menggunakan tangan hingga kalis.

Tutup menggunakan clean towel dan biarkan mengembang hingga ½ atau kurleb 30 menit.  Pipihkan menggunakan gilingan hingga ketipisan sesuai keiningan.  Letakkan diatas chittarra lalu tekan2.  Bila tidak ada chittarra bisa dipotong menggunakan gilingan mi atau diiris2 manual. 

Bisa langsung digunakan untuk membuat masakan, atau bila tidak dikeringkan dengan cara menjemur pada tali (seperti jemuran). Lalu simpan dalam wadah kering.

Bila telah berhasil membuat ini, coba tambahkan wortel, bayam, tinta cumi dll agar mendapatkan variasi yang berbeda.

 spaghetti, vindex tengker

spaghetti, vindex tengker
______

No comments:

Post a Comment