Saturday, 2 December 2017

HERB CRUSTED WALNUT dan KERANG SIMPING

walnut herb crusted sea scallops, vindex tengker


WALNUT CRUSTED SEA SCALLOPS  dan KERANG SIMPING


 Scallops disebut juga kerang simping, bisa ditemukan banyak di perairan Indonesia, rasanya yang gurih dan enak, kenyal2 dan mengandung protein yang tinggi. 

Cara mengolah yang paling mudah adalah dengan menggoreng menggunakan minyak sedikit (pan-seared) dengan bumbu garam dan merica.  Atau di poached sebentar dengan bumbu garam dan lemon saja, lalu dicocol menggunakan aneka saus. 

Nah, saya menyajikan walnut crusted sea scallop ini saat acara pairing dengan minuman berakhohol.  Walnut crusted sea scallops ini saya padukan dengan sup asparagus. Rasa yang gurih, lembut, berkolaborasi dengan sup aspargus yang creamy, segar.

Banyak sekali penggunaan herb crusted sea scallop ini.  Misalnya, bisa dipadukan dengan potato soup. Bila dipadukan dengan potato soup yang berwarna krem, sebaiknya peterseli pada bahan herb crusted ditambahkan 1 hingga 1 ½ sendok makan, agar warnanya lebih hijau, dan bila dipadukan dengan potato soup, si scallop membawa warna sedikit kontras dengan warna sup.

Selain sup, herb crusted scallop bisa ditambahkan pada salad. Atau disajikan begitu saja. 

Dan selain scallop, herb crusted bisa digunakan sebagai lapisan atas pada daging sapi, ayam, lamb, ikan dll.  Jadi silakan coba berkali2 mana yang sesuai dengan selara anda.

Bahan:
40 buah wild scallops ukuran 30 - 40 gram masing2
Garam dan merica putih secukupnya
20 buah kacang walnut, sangrai atau matangkan dalam oven, cincang

Walnut Herb crust:
60 gram bread crumb fresh
1 sendok makan peterseli cincang (saya gunakan 1 sdm agar warna tidak terlalu hijau. Scallop ini saya padukan dengan soup asparagus dimana warna sudah hijau, jadi gunakan peterseli 1 sdm saja)
2 sendok makan daun thyme
2 sendok makan daun rosemary segar
1 buah kulit lemon
25 gram keju parmesan parut (beli utuhan lalu diparut sendiri agar aroma dan rasa lebih fresh)
2 sendok makan extra virgin olive oil
4 sendok makan mentega tawar

Cara membuat:
Lumuri scallop dengan garam, merica dan olive oil. 
Panaskan penggorengan anti lengket dan pan-seared scallops menggunakan api panas di kedua sisi untuk memberi sedikit warna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
Campurkan bahan herb crusted dan aduk rata.
Letakkan diatas kertas minyak dan gulung seperti menggulung lontong. Padatkan dan simpan dalam lemari pendingin.
Iris seukuran koin dan lebarnya cukup untuk menutup permukaan scallops. Kemudian letakan cincangan kacang walnut di atas scallops.
Panggang dalam oven hanya saat ingin menyajikan.  Gunakan suhu 175 Celsius selama 4 - 5 menit (jangan masak scallops terlalu matang agar lebih juicy).

_____


RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...