Saturday, 12 May 2018

AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK


AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK 

AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK, vindex tengker
Ayam panggang bumbu rujak adalah makanan klasik asal Jawa Tengah, namun banyak dijumpai pula di Jawa Timur bagian barat. Itu dulu ya, sekarang ayam panggang bumbu rujak sudah menjamur dimana2. Kian gampangnya bahan2 didapat dan bumbu2 dengan mudah dicari.

Misalnya di pasar tradisional, bumbu campur fresh dengan mudah diracikkan oleh si penjual. Tinggal beli bumbu untuk ayam bumbu rujak dengan ukuran ayam satu kilo. Si penjual dengan sigap meracik bumbu segar yang telah diblender secara terpisah. Lalu tinggal ke bagian kelapa dan membeli kelapa parut untuk membuat santan sendiri di rumah atau bahkan langsung membeli santan cair fresh yang sudah jadi. Gampang bukan?.

Resep dibawah adalah resep dari scratch / awal. Untuk variasi ayam bisa digoreng terlebih dahulu dengan bumbu garam dan merica, lalu baru dimasak dengan bumbu rujak, atau seperti resep di bawah ini, dimasak dengan bumbu rujak lalu dipanggang. 

Ayam juga bisa diganti dengan daging sapi atau roast lamb rack (iga domba panggang – menu yang biasa saya tampilkan untuk sajian internasional dengan tambahan grill root vegetable (wortel, buah bit, ubi dibumbu dengan garam merica dan olive oil) dan whipped pumpkin (labu rebus dan dibumbui lalu dibuat seperti busa)).

Bahan:
1 ekor Ayam, dipotong sesuai selera, aduk dengan sedikit garam dan perasan jeruk lemon
1 batang Serai, dimemarkan
3 lembar Daun Jeruk Purut
500 cc Santan kental   dan 1 L Santan encer dari 1 butir kelapa
2 sdm Minyak

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir Bawang Merah
3 siung Bawang Putih
5 butir Kemiri
2  cm Kunyit
2 sdt Ketumbar
2 cm Jahe
1 cm Lengkuas
Garam dan Gula secukupnya

Cara mengolah:
Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan serai dan daun jeruk.  Tumis hingga harum, masukkan ayam dan aduk sampai ayam berubah warna.
Tuangkan santan encer dan masak hingga ayam setengah matang. Lalu masukkan santan kental.  Biarkan hingga mendidih sembari diaduk perlahan.
Setelah mendidih, kecilkan apinya dan masak terus sampai ayam cukup matang dan santan berminyak. Angkat.
Sampai disini bila menggunakan ayam yang telah digoreng duluan. Atau bila tidak mau dipanggang, siap disajikan pada step ini.
Bila dipanggang, siapkan panggangan (bisa wajan anti lengket yang bergaris2 permukaannya, agar membentuk tanda garis panggangan pada ayam).  Lalu panggang sebentar dan oles dengan bumbu. Angkat.

Salam Kuliner - VT
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...