Tuesday, 15 May 2018

DEPOT SARI Surabaya


DEPOT SARI Surabaya

DEPOT SARI Surabaya, vindex tengker
Depot dengan pintu lipat kayu berwana kuning dan terpajang foto orang2 terkenal, pertanda depot ini digandrungi orang2 penting negri ini. Depot Sari namanya. Dari awal buka th 1930 an dan sekarang dijalankan oleh penerus ke 3, menyajikan masakan2 rumahan. Menurut teman saya, pawang kulineran arek Suroboyo, sajian kudu dicari pertama adalah rawon merah dan sop buntut. Dan sekarang saya membuktikannya.

Berikut foto2nya.
DEPOT SARI Surabaya, vindex tengker
Foto orang2 terkenal dipajang di dinding, pertanda depot ini sering didatangi orang2 penting.
DEPOT SARI Surabaya, vindex tengker
Disebutnya rawon merah. Keistimewaan rawon merah ini adalah kuahnya yang nyaris tidak ditemui kumpulan minyak mengapung berkeliaran kiri kanan. Dan ending rasa yang ringan, tidak membuat bibir terasa tebal seperti bila selesai menikmati hidangan berkuah atau sejenisnya, bibir terasa berminyak dan tebal, lalu rongga mulut tersisa rasa gurih yang kebangetan meninggalkan jejak, lama menempel dan sulit hilang.

Santap rawon merah yang panas mengebul dengan menambahkan sambal terasi spesial resep keluarga turun temurun agar rasa kuah rawaon semakin enak, pedes2 gurih, mewah. Ternyata sambal terasi ini yang membuat kuah rawon mantap segarnya.

Nah khusus untuk depot Sari, pemilik sangat memperhatikan pengolahan sajian agar tidak keluar dari pakem2 yang telah ditentukan oleh pendahulunya, yaitu kakeknya. Itulah sebabnya depot ini hingga kini masih menjadi destinasi wisata kuliner Surabaya.
DEPOT SARI Surabaya, vindex tengker
Tidak berbeda dengan rawon, sop buntut inipun menggunakan buntut dan rempah yang diolah sangat istimewa. Kuahnya bersih dan bebas lemak. Ya terkadang kita ketakutan duluan bila melihat lemak yang terapung2 pada sajian kuah atau sop. Buntut direbus dengan bumbu2 dalam waktu lama, sehingga bumbu2 meresap kuat dan daging mudah sekali lepas dari tulangnya. Heemmnnn haujek puooll!
DEPOT SARI Surabaya, vindex tengker
Nah ini sambel terasi spesial yang ditambahkan pada kuah rawon atau sop buntut sebelum makaan.  Perpaduan sempurna rempah2 pada kuah dan komposisi sambel terasi mengikat satu dengan yang lain, menampilan sajian kuah yang sempurna sehingga turun menurun dicari orang.
DEPOT SARI Surabaya, vindex tengker
Saya bersama si ‘pawang kulineran arek Suroboyo’ (sebelah kiri) dan pemilik depot Sari (tengah).

Sekian, saya dari Depot Sari, jl Karet Surabaya.    Salam Kuliner - VT
 _____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...