Tuesday, 8 May 2018

DEPOT JEPUN Jl Makam Paneleh Surabaya


DEPOT JEPUN Jl Makam Paneleh Surabaya

DEPOT JEPUN Jl Makam Paneleh Surabaya, vindex tengker
Bila sedang berada di Surabaya dan tiba2 kangen makanan Bali, datanglah kesini. Ke Depot Jepun Jl. Makam Paneleh. Tempat persisnya yang saya tahu adalah seberangnya makam Paneleh.
Tidak terlalu luas tempatnya, tapi ramenya ampun2. Bukanya hanya siang saja. Malam sudah habis. Jadi pastikan datang siang, atau pulang tanpa kangen2an dengan masakan Bali.

Kata teman saya, arek Surabaya pawangnya kuliner, depot Jepun adalah pelopor beguling. Sebelum tempat lain di Surabaya menyajikan begul, depot Jepun ini sudah menduduki posisi kondang seantero Surabaya. Dari dulu hingga kini bangunan dan tampak depan tidak banyak berubah. Hanya sedikit perubahan memanjang ke belakang, karena makin bertambahnya pelanggan.
Bagi yang kangen jajanan Bali, siap2 digoda oleh aneka oleh2 khas Bali, pie susu, sate babi, kopi bubuk, macam2lah.

Berikut adalah makanan saya.
DEPOT JEPUN Jl Makam Paneleh Surabaya, vindex tengker
Nasi campur babi yang fenomenal ini terdiri dari: nasi putih hangat, be guling termasuk kulit panggang kering, sate, lawar kacang, ayam suwir, sambel matah dan sambel mbek (huruf ‘e’ dibaca seperti pada pengucapan ‘elang’): bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, kacang, masing2 digoreng terpisah lalu dicampur dan diremas2 bersama, tambah sedikit keceran jeruk lemo Bali.  Semuanya disajikan hangat, dan porsinya cukup cantik, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Perpaduan antara nasi pulen hangat, gurihnya begul dan sambal matah yang segar serta kriuk2 kulit dan kacang goreng dalam sambel mbe membuat keharmonisan dalam satu sajian.
DEPOT JEPUN Jl Makam Paneleh Surabaya, vindex tengker
Sup komoh. Nasi campur tersebut diatas disajikan dengan sup komoh, yaitu sup yang terbuat dari kuah kaldu tulang dan isian daging ditambah dengan bumbu base genep. Tentu tulang dan daging babi ya.  Beberapa orang meminumnya langsung dari mangkuk, ada juga yang menuangkan sesendok demi sesendok mencampurnya dengan nasi.  Rasa sup komoh ini gurih dan kaya rasa.
DEPOT JEPUN Jl Makam Paneleh Surabaya, vindex tengker
Nah, saya rasa makan segitu cukup ya, lain kali saya datang kesini lagi untuk coba plecing ayam dan sajian yang lain.   Salam Kuliner - VT 
_____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...