Sunday, 6 May 2018

KEJU dari AMERIKA


KEJU dari AMERIKA

KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Ternyata Amerika adalah salah satu penghasil keju terbesar. Tidak dipungkiri, moyang orang Amerika berasal dari daratan Eropa, selain itu ada beberapa tempat memiliki iklim dan kondisi mineral tanah yang sama dengan daratan Eropa yang terkenal dengan kejunya. Penghasil keju terbesar di Amerika berasal dari Wisconsin dan California.

Agar seluruh dunia mengenal keju dari Amerika ini, maka dibuatlah sebuah wadah non-profit yang bekerja untuk memperkenalkan dan memasarkan keju asli Amerika ini, disebut US Dairy Export Council. Badan ini kalau di Indonesia mirip koperasi yang kita kenal di pedesaan, membantu menyalurkan panenan dll. Saat ini saya bekerja sama dengan USPB untuk produk pertanian berupa kentang, dan US fruit untuk produk pertanian raisin, kurma Medjol California, Apple dll. Dan tentu saja USDEC untuk keju.
Agak2 kaget juga yah, bahwa US memiliki artisan keju seperti keju2 bagus dari Eropa. Misalnya Old English Cheddar by Saxon Cheese – Cleveland, Moses Sleeper by Jasper Hill, Smoked brick by Zimmerman Cheese - South Wayne dll.

Semua jenis keju dihasilkan sendiri di Amerika, dari yang hard cheese, semi hard, soft, semi soft, fresh firm, fresh soft. Banyak sekali, belum lagi yang processed cheese. Waw, berpuluh2 deh.
Nah, kembali lagi ke USDEC. Disini saya bertugas membantu team yang ada di Asia Pacific bersama dengan chef Jill Sandique dari Philiphine. 

Berikut adalah photo2 “US Cheese reception di Novotel Singapore” dan booth USDEC pada saat Food Hotel Asia di Singapore Expo. Disini saya dan chef Jill menyajikan keju untuk cocktail reception. Jadi dipilih keju yang seiring sejalan dengan minuman yang disajikan saat itu.  Banyak sekali, lebih dari 30 jenis artisan keju saat itu. Dan dibawah ini hanya sedikit photo yang sempat saya ambil.

KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Beef steak and smoke apple wood cheese tartlette. Disini saya membuat tartlette dengan isian daging steak yang di-sliced dengan sedikit saus jamur lalu saya tambahkan potongan bentuk dadu kecil smoked cheddar. Smoked cheddar adalah keju jenis cheddar yang diasap menggunakan kayu apel, beraroma smoke wangi apel, dengan rasa gurih, creamy, manis.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Booth USDEC di Food Hotel Asia – Singapore Expo.  Di sini team USDEC membantu produsen keju Amerika memperkenalkan produk2 dairy dan jenis2 keju kepada clients, serta membantu clients menentukan jenis mana produk yang mereka ingini agar sesuai dengan kebutuhan agar tidak salah. Misalnya bila pembeli menginginkan keju untuk piza, agar tidak salah pilih keju untuk tujuan peneman minum.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Mozes Sleeper, yaitu keju asal Vermount dengan gaya keju klasik Perancis - brie.  Salah satu artisan organic cheese, yang lapisan luarnya berkerut2 dan dalamnya lumer mirip pudding. Terbuat dari susu sapi pasteurisasi dan masa penuaan kurleb  2 bulan. Keju kategori soft cheese ini memiliki rasa khas, manis susu, creamy, mirip seperti jamur truffle.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Point Reyes Orignal Blue – dari California. Keju biru dengan gaya rustik ini rasa khas manis, mellow dengan ending sweet salted caramel (manis2 asin-gurih). Biasanya disandingkan dengan anggur merah yang memiliki kharakter full body and delightful aromas vanila dan kayu manis.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Scarmorza cheese, mirip Italian provolone tetapi di-asap dan dalam bentuk mirip buah pear. Termasuk dalam kategori keju putih semi soft (seperti fresh mozzarella). Penuaan dalam beberapa hari saja hingga dua mingguan.  Memiliki karakter agak alot / kenyal2.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Boconcini with olives and dried tomato. America juga memproduksi Boconcini, mozzarella dalam bentuk kecil seukuran telur puyuh atau buah zaitun. Warna putih, rasa segar susu, manis, gurih, biasa dicampur salad dan menggunakan dressing olive oil, balsamic vinegar atau pesto.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Beberapa artisan US cheese yang akan saya display-kan.  Apple smoked cheddar cheese, Fiscalini Bandage Wrapped Cheedar, Oregonzola Blue Cheese, Oma the Cellars, Moses Sleeper the Cellars, Vella Cheese, Carr Valley Cheese.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Marieke Golden Gouda. Keju ini adalah salah satu keju yang memenangkan kontes keju dunia. Keju yang bertekstur semi soft dan memiliki mix rasa antara gouda, cheddar, parmesan dan swiss. Berpasangan serasi dengan semua jenis wine dan bir. Keren rasanya.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Dry Monterey Jack, memiliki rasa khas manis susu, creamy dan nutty.
KEJU dari AMERIKA, vindextengker
Photo USDEC team, chef Mark Todd, Vicky, Dali and chef Jill.

Ok, sekian sekilas Food Hotel Asia di Singapore.  Salam Kuliner - VT
_____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...