Friday, 4 May 2018

TRUFFLE DINNER


TRUFFLE DINNER 

TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Dinner event kali ini diselenggarakan oleh penyalur bahan makanan dari Rustichella – Italia, bertemakan Truffle dinner. Mereka menampilkan makanan terbaik yang mereka sajikan bersama pasangannya yaitu Truffle, khususnya truffle hitam yang sedang mereka fokuskan saat ini.

Truffle yang kita kenal untuk dicampurkan pada makanan agar makanan tersaji dengan cita rasa tinggi atau sebagai penyedap makanan adalah budaya kuliner dari daratan Eropa sejak jaman baheula hingga saat ini.  Karena memang pada muasalnya truffle ini tumbuh di daratan Eropa.

Truffle adalah sejenis jamaur tumbuh liar terpendam mirip umbi yang menggembung dan bersekongkol dengan akar pohon oak. Karena terpendam di dalam tanah pada jaman dahulu mencarinya dengan meminjam hidung babi betina untuk mengendus menembus ke dalam tanah dimana truffle tumbuh. Jaman sekarang, kebanyakan tidak lagi menggunakan babi melainkan dengan bantuan anjing yang dilatih khusus.
Pada dunia kuliner penggunaan truffle hanya dalam jumlah sedikit, misal sebagai taburan, potongan tipis diselipkan diantara sandwich, dicampurkan dalam saus.

Pada foto diatas, truffle disimpan diatas / dipendam dalam beras risoto agar aroma yang keluar diserap oleh beras dan bila beras dimasak akan mengeluarkan aroma truffle.  (baca juga artikel saya terdahulu mengenai berburu jamur truflle)
Hingga saat ini truffle masih menduduki peringkat super mahal di tangga harga bahan makanan.

Nah berikut adalah sajian Rustichella dinner.
TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Abalone with truffle sauce. Ada yang menyebut abalone adalah siput laut, ada yang bilang kerang bermata tujuh, yang jelas abalone adalah daging yang diambil dari sejenis kerang yang kulit kerang bagian dalamnya warna-warni mengkilat bagus sekali, daging abalone sendiri berwarna krim. 
Abalone ini hanya di-panfried dengan bumbu garam dan merica lalu disajikan dengan saus truffle yang terbuat dari butter, irisan truflle dan wine.
TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Green lip mussle. Kerang ini direbus hingga matang, ditandai dengan terbukanya kulit kerang. Disantap dengan mencelupkannya sedikit saja ke dalam saus truffle seperti diatas.
TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Pizza with truffle. Pizza tomat dan keju mozarella yang diatasnya ditabur dengan parutan sedikit truffle hitam. Penggunaan truffle sedikit saja dapat mempengaruhi rasa dan aroma wangi mozarella dan parmesan pizza.
TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Porcini and truffle risoto. Beras risoto yang dimasak dengan jamur porcini, kaldu, bawang putih, mentega, daun bay, rosemary +dan anggur putih. Saat tepat sebelumdiangkat ditabur dengan parutan truffle hitam sedikit.  

Porcini adalah jamur yang kebanyakan tumbuh di belahan dunia sebelah utara. Biasanya tumbuh berdekatan dengan pohon pinus.

TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Salmon tartar. Terbuat dari cincangan salmon dicampur dengan bawang merah, capers, gherkin (acar ketimun kecil), daun bawang, perasan lemon, parutan sedikit truffle, lalu dicampur. Rasa salmon, bumbu2 dan truffle sangat mendukung satu sama lain, menjadikan sajian salmon dalam cone enak di mulut, segar, fresh, gurih, manis.
TRUFFLE DINNER , vindex tengker
Siomay truffle. Siomay yang disajikan dengan irisan tipis truffle dan diatasnya ditabur tobiko.  Siapa nyana bila irisan truffle berbalut sempurna dengan siomay.

Nah sajian tersebut disajikan oleh Chef Simone dan Chef Martin dari Rustichella.

Sekian dari Rustichella dinner - salam kuliner VT
_____

 

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...