optional

Sunday, 24 February 2019

BOLU MARMER

BOLU MARMER, vindex tengker

BOLU MARMER

Nah bolu ini paling jadoel yang saya pelajari pertama resep dari oma saya. Oma saya menggunakan ukuran gelas belimbing, lalu kalau 1 gelas tidak penuh seperes satu gelas. Satu gelas kurang sedikit, mungkin kurang 1 cm dari mulut gelas. Bingung kan?! Lalu kalau ditanya ukuran pastinya, jawabnya “ya kira2 segitu”  hahaa..

Satu lagi kalau resep dari beliau semua paten, misal kalau bolu selalu pakai gula pasir butiran halus, kalau kue kering selalu pakai gula halus.  Kalau dibacain resep bolu pakai gula halus selalu jawabnya “ah salah itu resepnya” hahaaa..

Ada banyak tehnik membuat bolu marmer. Ada yang memisahkan antara kuning dan putih dimixer, dicampur belakangan. Ada yang butternya dilelehkan dan dicampur belakangan. Ada yang butternya dimixer dulu lalu perlahan telur masuk satu persatu.  Semua pilihan ya.. tergantung kepedean masing2 pakai cara unggulan masing2.
Kalau oma saya butter dimixer dengan gula dan telur masuk satu persatu, oke juga. Hanya buat saya agak terlalu berat, kalau makan kudu didorong dengan teh anget. Saya buat butter dilelehkan, agar sedikit ringan.

Ada yang bertanya, kalau pakai margarine semua bisa ga?  Bisa aja dong. Cuman nurut saya kalau margarine semua kurang wangiii. Tambahlah sedikit, bangsa 50 gram butter yang bagus dari Belanda biar wanginya pleng gitu. Haha.. 

Lalu, setelah oles loyang dengan mentega, jangan ditabur tepung ya anda2 sekalean. Kalau ditabur tepung ntarannya spotted2 putih tepung, kelihatan kotor. 

Lalu, finishing touchnya disiram dengan coklat leleh bisa?  Boleh aja, bisa dengan coklat putih atau coklat coklat, lalu tabur kacang2an.. woke aja semua, variasi unggulan masing2 biar ketjeh..

BOLU MARMER, vindex tengker

Bahan:
6 butir telur + 2 kuning telur (ukuran sedang)
230 gram gula pasir butiran halus, boleh juga gula pasir lalu diblender. Boleh kurang sedikit manisnya
1 sdt SP (agar lembut – boleh skip)
1 sdt pasta vanilla
200 gram tepung terigu protein rendah
25 gram susu bubuk (agar gurih)
150 gram margarine
150 gram butter
3 sdm bubuk cocoa + sedikit pasta coklat sesuai selera

Langkah:
Siapkan loyang, oles dengan mentega.  Siapkan oven 180 C api bawah untuk oven konveksional.
Lelehkan margarine dan butter. Sisihkan.
Ayak tepung dan susu bubuk. Sisihkan.
Mixer telur + SP + pasta vanilla dan masuk gula pasir sedikit demi sedikit hingga habis. Mixer hingga mengembang, putih, berjejak.
Masukkan tepung dan susu, aduk balik menggunakan spatula hingga rata.
Masukkan margarine + butter leleh sedikit demi sediki (kurleb 4 – 5 tahap), aduk balik dengan spatula hingga rata, tidak ada yang mengendap di dasarnya.
Ambil 1/3 adonan dan campur dengan coklat bubuk, aduk rata.
Tuang dalam loyang / tulban adonan warna putih.  Lalu atasnya tuang dengan adonan warna coklat. Ulir2 menggunakan tusukan sate / sumpit, sesukanya.
Panggang dalam oven kurleb 45 menit atau hingga matang, sesuai karakter oven masing.

BOLU MARMER, vindex tengker
_____

No comments:

Post a comment