optional

Saturday, 23 February 2019

KUE APAM TAPE GULA MERAH

KUE APAM TAPE GULA MERAH, vindex tengker


KUE APAM TAPE GULA MERAH

Pernah tidak anda kulineran ke Koko Bogana jl Cipaku, Pasar Santa, Senopat? Nah bila anda pernah kesana, kue apam cungkit (Koko Bogana menyebutnya apam cungkit) adalah kegemaran saya nomer 1.  Biarpun setelah menghabiskan sepiring nasi campur, pada akhir hidangan selalu ditutup dengan apam cungkit. Rasa manis dan asam dari tapai singkongnya, serta kombinasi dengan taburan kelapa parut dan guyuran gula merah cair.. enak sekali perpaduannya.

Nah disini, saya mencoba membuat seperti apam cungkit, hanya menggunakan loyang yang ada (apam cungkit versi Koko Bogana menggunakan cetakan apam kukus).
Kalau dibeberapa tempat jajajan pasar, biasanya mereka tidak menambahkan guyuran gula merah, hanya apam dan taburan kelapa parut. Bila tidak menggunakan guyuran gula merah, tambahkan jumlah gula merah pada bahan 1, seimbangkan dengan gula putih dan airnya.

Tapai singkong boleh dengan tapai beras ya, hasilnya sama. Sedang rasa asem segarnya berasal dari ragi pembuat fermentasi nasi atau singkong rebusnya.

Saya pribadi lebih suka menggunakan tapai nasi yang sedikit over fermented dari, karena akan lebih berpori dan ringan.

Bahan 1
100 gram gula merah
1 sdm gula pasir (boleh kurang, hanya sebagai penyeimbang rasa)
100 ml air
½ sdt garam

Langkah:
Campur semua bahan, didihkan sampai gula merah dan gula pasir larut. Biarkan dingin

Bahan 2:
250 gra tepung terigu
50 gram tepung beras
150 gram tape singkong, buang sumbu nya haluskan
1 sdt ragi instan
300 cc santan

Taburan: kelapa parut secukupnya, bungkus daun pisang atau letakkan dalam wadah, tabur garam secukupnya, lalu kukus hingga matang.

Guyuran:  gula merah cair

Langkah:
Naikkan steamer keatas api suhu sedang. Bungkus tutupnya menggunakan serbet agar uap air terserap serbet, tidak turun lagi mengenai apam.
Campur semua bahan 2, tambahkan santan dan bahan 1 sedikit demi sedikit sembari diaduk menggunakan whisk hingga rata dan tidak menggumpal. Diamkan kurleb 1 jam.
Oles Loyang ukuran 20 atau 22 cm dengan minyak sayur. Tuang adonan keloyang, kukus selama 20 - 30 menit dengan api sedang atau hingga matang. Angkat.
Lepaskan dari loyang setelah dingin. Potong – potong dan taburi kelapa parut dan guyur dengan gula merah cair.
_____

No comments:

Post a comment