optional

Thursday, 21 February 2019

SELAI SERIKAYA

SELAI SERIKAYA, vindextengker

SELAI SERIKAYA


Resep sangat sederhana dengan tehnik pembuatan sederhana pula.  Trik daripada pembuatan selai serikaya adalah penggunaan panci dengan bawah tebal, sehingga menyimpan panas cukup stabil daripada panci tipis biasa.

Tapi tidak menutup kemungkinan menggunakan panci tipis biasa, hanya kudu cukup mumpuni masalah pengapian. Tahu kapan api kudu dikecilkan dan kapan panci kudu diangkat dari api untuk menghindari panas berlebihan.  Intinya paling gampang menggunakan panci dengan bawah tebal.

Metode pembuatan selai serikaya dengan double boiler (nge-tim) sudah pernah saya coba juga.  Bisa juga cara ini, pengapian cukup stabil, tapi memerlukan waktu lama.  Untuk itu, paling pas dengan karakter saya adalah menggunakan panci bawah tebal.. done! Haha
Lalu gula biasa saya gunakan 200 gram, tetapi kurangi 2 sendok makan untuk dijadikan karamel gula, agar warna hasil akhir cantik, amber kecoklatan (seperti warna batu amber).
Saya juga sudah pernah mecoba tanpa dibuat karamel.. hasil akhirnya warna kuning telur, dimana menurut saya terlalu pucat.. kurang exotis. Tapi semua kembali ke masing2, bila lebih suka warna kuning telur, semua gula diaduk dalam santan, tidak perlu dibuat karamel.  Ini malah lebih mudah sekali.

Lalu setelah dingin, selai serikaya akan mengental dengan sendirinya, tidak perlu ditambah maizena.  Tapi bila anda ingin menggunakan sebagai isian roti (bukan olesan) setelah mendidih boleh ditambah 2 sendok makan maizena yang telah diencerkan dengan 2 sendok makan air hangat. Lalu campurkan dalam selai.  Nanti selai akan mengental, dan pas untuk isian roti. Sehingga bila disendokkan ke dalam adonan roti yang telah digiling, selai tidak terlalu cair.
Resep dibawah tidak menggunakan essence apapun, karena menurut saya, sudah pas. Bila ingin wangi pandan boleh ditambah 1 lembar daun padan dan diikat.  Bisa juga menggunakan pandan paste homemade (nanti kapan2 akan saya share resepnya ya).  Boleh juga ditambah vaniila bubuk / vanilla bean dll.  Sekali lagi, tidak menggunakan essence apapun sudah enak.

SELAI SERIKAYA, vindextengker

SELAI SERIKAYA, vindextengker

SELAI SERIKAYA, vindextengker
Bahan:

4 buah kuning telur, untuk telur kampung atau 3 buah kuning telur untuk telur ayam negeri (cari yang benar2 masih fresh. Kadang telur yang tidak fresh berbau amis hingga hasil akhir – sayangkan..)
Santan kental dari 1 butir kelapa ukuran besar (nah santan ini dari hasil memeras parutan kelapa, tanpa ditambah air.  Kelapa ukuran besar akan menghasilkan kurleb 200 – 220 ml.
180 gram gula pasir (ambil 2 sendok makan untuk karamel gula)

Langkah:

Campur kuning terlur dengan santan dan gula (setelah dikurangi 2 sdm karamel gula). Aduk hingga gula tercampur rata.  Saring, buang bagian yang bergerindil agar hasil akhir halus dan lembut.

Panaskan 2 sdm gula dalam panci dengan bawah tebal, dengan api sedang. Biarkan hingga gula mencair. Jangan diaduk bila masih ada bagian yang belum cair.  Goyang2 perlahan saja. 
Bila sudah semua meleleh, kecilkan apinya. Mulai aduk perlahan hingga mencapai warna amber kecoklatan. Harap diingat, jangan terlalu lama agar tidak gosong.  Bila gosong akan pahit. 
Bila sudah mencapai warna amber, tuang santan yang telah dicampur gula dan telur. Aduk. Gula karamel akan mengeras. Tetap aduk hingga gula karamel hancur benar2 dan selai mulai meletup2 tanda mendidih.

Matikan apinya.  Aduk sedikit lagi kurleb 2 menit, agar uap panas hilang. Biarkan dingin.
Setelah dingin baru boleh ditempatkan dalam jar yang telah disterilkan manual dengan membersihkannya menggunakan air mendidih, atau disterilkan menggunakan mesin steril. Biarkan wadah benar2 kering. 
Setelah selai dingin, simpan dalam jar tsb dan simpan dalam kulkas.
_____

No comments:

Post a comment