optional

Tuesday, 26 February 2019

OVEN DRIED TOMATO

OVEN DRIED TOMATO, vindex tengker

OVEN DRIED TOMATO

Dried tomato biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada salad, omelet, toppingan piza, dicincang lalu disajikan bersama ikan, sandwich, tambahan pada bruschetta, saus pada pasta. Kebanyakan oven dried tomato digunakan pada masakan Italia.

Pilih tomat yang matang, merah merekah, lalu gunakan garam laut.  Garam laut rasa asinnya elegan. Bila menggunakan garam dapur (seperti pada dapur kita pada umumnya) kurangi sedikit jumlah garamnya.
Untuk olive oil, gunakan extra virgin olive oil yang rasa olivenya kuat.  Karena nanti bila disimpan rasa olive akan meresap dalam daging tomat, sehingga membuat tomat terasa lebih enak.
Untuk merica hitam gunakan merica hitam utuh, lalu crack sendiri, agar rasa dan aroma lebih kental / medok. Bila menggunakan merica hitam yang bubuk dikhawatirkan sudah masuk angin / aromanya hilang.

Cara membuatnya hanya dengan membersihkan tomat lalu lumuri dengan olive oil dan tabur dengan garam laut dan merica hitam. Lalu oven dengan suhu rendah 35 C selama 6 – 4 jam. Tergantung pada karakter oven masing2.  Pokoknya hingga mengkerut seperti pada gambar, berarti sudah boleh diangkat.

Cara menyimpan, dinginkan dulu, tuang extra virgin olive oil lalu simpan dalam glass jar kedap udara yang sudah disterilkan sebelumnya. Bila tidak memiliki alat steril, cukup diguyur dengan air mendidih. Tunggu wadahnya kering beneran, masukkan oven dried tomato, lalu simpan dalam kulkas.

Membuat basic saus tomat untuk aneka pasta, ambil dagingnya saja, lalu hancur2kan.  Tumis dengan bawang putih dan basil chopped lalu aduk dengan pasta.
Terkadang tomat kita warnanya kurang merah dan agak ada sedikit rasa asem2nya.  Untuk warna agar nampak merah cantik, biasanya saya tambahkan tomato pelati sedikit. Tomato pelati adalah Roma Tomato yang sudah dikupas dan dikemas dalam kaleng. Ada yang utuhan ada yang sudah dicincang, tersedia di toko.
Nah silakan coba ya, gunakan oven dried tomato ini untuk menyajikan pasta (spaghetti dll) dan bukan saus tomat botolan ya.. Yakin deh lebih enak pakai oven dried, lebih fresh, dan lebih light.. woke?!
Oven dried diatas dibuat oleh kitchen team dari Inaya Putri Bali saat acara “Dinner by the Beach by Chef Vindex”  terimakasi Team, sukses selalu!
 _____

No comments:

Post a comment