optional

Tuesday, 19 February 2019

KEONG PASTRY

KEONG PASTRY, vindex tengker

KEONG PASTRY

24 buah
Resep ini pernah saya gunakan saat demo tepung Bungasari. Penyelesaian dalam resep ini bisa digoreng ataupun dioven. Lalu isian bisa menggunakan isian andalan masing.  Bisa divariasikan, coklat, keju, potongan apple yang dimasak dengan kayu manis dan gula, nanas masak dengan bumbu kayu manis dan sedikit gula, selai nanas dll.

KEONG PASTRY, vindex tengker
Bahan:
500 g tepung serbaguna “Bola Salju” dari Bungasari
1 sdt garam
25 g madu
175 ml air
4 sdm shortening / mentega putih
150 g margarin, dicairkan
150 g icing sugar / gula bubuk

Langkah:

Step 1: Campur tepung, garam, madu dan air.  Ulen hingga adoanan tidak menempel pada wadah pengaduk atau sampai merata saja. Bungkus menggunakan plastic wrap dan simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.

Step 2: Keluarkan adonan dari lemari pendingin. Potong menjadi 4 bagian. Gunakan pasta machine utk membuat adonan menjadi kalis dan lentur. Mulai dari yang posisi paling besar hingga ke nomer 1 (paling tipis).  Pada tahapan masih mengunakan posisi besar, lipat2 adonan setaip kali akan memasukannya kedalam pasta machine sehingga terbentuk adonan yg kalis. Lalu tipiskan hingga ke nomor yg terkecil. Saat itu adonan akan memanjang dan sudah lentur. Gulung dengan mengunakan dough roller yg diletakan diatas 2 tatakan disisi kiri dan kanan. Bungkus plastik agar tidak mengering. Lakukan untuk 3 bagian yg dipisahkan tadi dan gulung terus pada Dough Roller menjadi satu.

Step 3: Setelah semua selesai, ambil gulungan pertama dari dough roller tersebut. Rentangkan lurus sambil sesekali di lebarkan agar lebih lentur kesamping tanpa merobeknya. Olesi dengan shortening tipis tapi rata. Lalu gulung perlahan sambil diketatkan gulungannya. Setelah menjadi gulungan lonjong olesi kembali dengan shortening sebelum disisihkan namun pastikan di tutupi plastik agar tidak kering.
Lalu rentangkan gulungan kedua dan rentangkan kembali seperti gulungan pertama, rentangkan dan olesi dengan shortening, lalu letakan gulungan lonjong pertama dibuat pada lipatan pertama. Lalu gulung kembali adonan kedua seperti step 3 sambil sesekalimerapikan sisi sampingnya agar rata. Lakukan hal yg sama seperti step 3 hingga semua gulungan menjadi satu adonan lonjong  yg sekarang mempunyai diameter yg lebih lebar. Bungkus lagi menggunakan plastic wrap. Simpan dalam lemari pendingin selama  2 – 3 jam.

Step 4: Panaskan oven 180 C atau api sedang. Alasi baking tray menggunakan kertas baking.
Keluarkan adonan dari lemari pendingin. Buka plastic wrapnya. Iris ketebalan 1 cm. Lalu olesi sedikit dengan shortening dan dengan menggunakan tangan dorong perlahan bagian tengah kebelakang dengan tetap menjaga lapisan agar tidak terbuka namun dibuat seperti menyerupai keong. 

Step 5: Isi menggunakan isian pastry cream/vla dengan rasa sesuai selera, lalu tekan ringan bagian yang terbuka agar tertutup. Olesi tipis dengan mentega cair dan letakan pada loyang yg sudah dilapisi baking paper.

Step 6: Masukkan dalam oven dan panggang selama 20-25 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan. Keluarkan dan tabur dengan icing sugar. 

KEONG PASTRY, vindex tengker
ISIAN PASTRY KEONG

Bahan:
450 cc fresh milk
80 g gula pasir
60 g maizena
2 butir kuning telur
2 sdm butter
1 sdt vanilla essence

Langkah:

Step 1: Larutkan maizena  dengan ¼ bagian susu cair, aduk rata.  Masukkan telur dan aduk rata. Sisihkan

Step 2: Panaskan sisa ¾ susu dan gula dalam panci dengan dasar tebal (agar tidak mudah gosong) hingga berbuih. Kecilkan apinya ke yang paling kecil.

Step 3: Tuang larutan maizena diatas sedikit demi sedikit dan aduk dengan cepat. Pastikan hingga paling bawah agar tidak gosong. Aduk terus hingga mengental. Masukkan butter, aduk rata.  Angkat.

Step 4: Tuang vanilla essence dan aduk rata. Biarkan dingin, baru gunakan sebagai isian.

KEONG PASTRY, vindex tengker
_____

No comments:

Post a comment