optional

Friday 22 February 2019

KONINGINNE

KONINGINNE, vindex tengker

KONINGINNE / KONINGSKROON aka Lapis Koning (modif ala saya)

Ketemu resep oma saya, lapis koning, cake kenangan jadoel banget. Saya coba rebake lagi dan modif ala saya.
Lapis koning oma menurut saya agak berat, tapi enak, lembut, wangi oven manual (otang). Tiap cake sudah naik lalu buka tutup otang buat mindah2in posisi cake agar matang merata a.k.a gosong sebelah. Terkadang atasnya ditambah bara arang untuk perapian atas. 
Seingat saya koninginne oma saya sedikit lebih berat, karena mentega tidak dilelehkan. Nah disini sedikit saya modif dengan melelehkan mentega agar lebih ringan, keluar dari pakem2nya ya.. boleh dibilang menggunakan cara seperti membuat sponge cake, biar lebih lentur dan ringan.

Lalu bahannya hanya tepung, mentega, gula halus, telur dan vanilla.  Disini saya tambahkan maizena dan susu bubuk agar lebih gurih, lalu butter saya kurangi sedikit dan saya ganti dengan weisman, agar wangi.

Kalau dulu oma saya menggunakan lapisan banket bak kersroom, mirip vla terbuat dari kuning telur, susu segar, gula, sedikit terigu dan vanillli.  Menurut saya banket bak kersroom ini agak magteg dengan rasa cakenya ya.  Untuk itu lapisan tengah cake, saya lebih suka menggunakan selai nanas, agar rasa manis cake berpadu sempurna dengan selai nanas agak asem2 segar dikit, jadi tidak magteg. Bila membuat selai nanas sendiri, kurangi gula bangsa 2 sendok makan, biar pas dengan rasa lapis koning.

KONINGINNE, vindex tengker
Dalam foto ini saya gunakan butter cream mocca dan kopi sebagai lapisan.  Ok juga rasanya, tapi saya lebih preffer lapisan selai nanas.

Bahan:
12 Kuning telur + 2 putih telur
200 gram Gula Halus
100 gram Tepung Terigu Protein Sedang / segitiga
10 gram Maizena
20 gram Susu Bubuk
150 gram Butter lelehkan (saya gunakan 125 g butter + 25 g Weisman)
1 sdm Susu Kental Manis
Isian: Buah prune kering, pipihkan
Olesan bagian tengah: selai nanas

Langkah:

Panaskan oven 180 C.
Siapkan 2 loyang dan dialas dengan kertas roti.  Letakkan prune pada alas salah satu loyang.  Sisihkan.

Mixer Telur + Gula halus sampai kental berjejak.
Masukkan terigu, maizena dan susu. Aduk rata pakai Spatula.
Masukkan bertahap campuran butter + susu kental manis ke dalam adonan, aduk lipat pakai spatula.

Bagi jadi 2 bagian. Tuang adonan ke dalam 2 loyang. Panggang dalam oven panas kurleb 30 – 35 menit, tergantung karakter masing2 oven. Saya menggunakan konveksional oven, pakai api bawah dan rak bawah.  10 menit sebelum diangkat, pindahkan di rak atas, masih dengan api bawah. Bila telah matang, angkat. Pindahkan ke atas cooling rack. Lepas kertas bakingnya. Biarkan dingin, baru dioles.

Ambil 1 cake, oles dengan Selai nanas, lalu tumpuk dengan cake satunya lagi. 
_____

No comments:

Post a Comment