Thursday, 14 September 2017

BERLINER

vindex tengker

Adalah donat tanpa lubang tengah dari negeri asal yaitu Jerman, dengan isian selai, marmelade atau vla ditengahnya dan bertabur gula bubuk diatasnya, atau bahkan tanpa isian sama sekali.  Sepintas kilas berliner ini adalah roti goreng dengan base dough atau adonan yang terdiri dari tepung, telur, ragi, mentega, milk.


Goreng menggunakan minyak panas agar minyak tidak terserap oleh dough. Dan setelah diangkat dari minyak letakkan pada jaring2 besi agar minyak turun. Setalah itu letakkan diatas paper towel atau kitchen towel agar minyak2 yang masih menempel pada dough goreng terserap sempurna.


Bila kesulitan memasukkan isian, gunakan pisau untuk membuat rongga dari sisi samping luar ke tengah.


Bahan:

2 sachet ragi instan

1 ½  cangkir susu segar, panaskan

1 ½  cangkir gula (boleh ditambah atau dikurangi)

4 sendok makan mentega tawar, dan tambah sedikit untuk olesan

½ sendok makan vanilla bubuk

1 sendok teh garam (saya gunakan garam kosher)

3 buah kuning telur

1 buah telur utuh

4 ¾ cangkir tepung terigu serba guna tambah sedikit untuk dusting

Minyak canola untuk menggoreng

2 cangkir vla vanila untuk filling


Cara membuat:

Campur dalam wadah ragi dan susu, biarkan kurleb 10 menit.  Kocok menggunakan mixer gula ½ cangkir and mentega hingga mengembang.  Tambahkan campuran susu dan ragi, vanilla, garam, telor dan kuning telur. Hingga tercampur rata.

Turunkan kecepatan mixer.  Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu hingga adonan tercampur rata dan lembut.


Pindahkan ke dalam wadah yang telah dioles mentega sebelumnya and tutup menggunakan plastik wrap.  Biarkan di suhu ruangan, dan biarkan mengembang dua kali lipat atau kurleb 1 ½ jam.

Taburi meja tempat ngulen dengan tepung.  Letakkan adonan di atasnya dan pipihkan dengan ketebalan 1 ½ cm.  Lalu potong bulat menggunakan cetakan atau gelas.  Lakukan hingga adonan habis.


Pindahkan bulatan2 adonan ke atas baking tray dengan dialasi kertas minyak atau parchment paper dan beri jarak agar bulatan2 mempunyai ruang untuk mengembang sempurna. Tutup dengan plastic wrap dan biarkan mengembang dua kali lipat atau sekitar 30 menit.


Panaskan minyak goreng dalam penggorengan.  Goreng bulatan berliner hingga berwarna kecoklatan atau kurleb 2 – 3 menit.  Angkat dan pindahkan ke atas wire rack dan biarkan dingin.

Buat rongga pada donut menggunakan pisau.

Isi pastry bag dengan selai atau vla vanila dan masukkan pada tiap2 donat kurleb 2 – 3 sendok makan. 

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...