Tuesday, 26 September 2017

CANNOLI isian PISTACHIO dan Blue Berry

vindex tengker

Adalah hidangan penutup asal Sisilia – Italia, yang berupa seperti tabung terbuat dari gulungan pastry dough yang digoreng sebagai kulitnya, lalu dalamnya diisikan cream manis yang berbasis keju ricotta.  Biasanya menggunakan keju ricotta dari susu kambing.  Bila tidak suka ricotta dari susu kambing boleh diganti menggunakan ricotta dari susu sapi. Rasa manis gurih krenyes kulit cannoli berpadu dengan rasa lembut, segar, creamy, dari keju ricotta menjadikan perpaduan rasa yang asik dilidah.  


KULIT


Bahan:
4 cangkir tepung terigu serba guna

2 sendok makan gula

¼ sendok teh garam   

3 sendok makan mentega, lunakkan bila menggunakan mentega blok

2 buah kuning telur

¾ cangkir white wine

Minyak untuk menggoreng


Cara membuat kulit:

Campur tepung, garam, dan gula.  Masukkan mentega dan kuning telur.  Aduk menggunakan garpu. Tambahkan wine sedikit demi sedikit.  Aduk hingga rata.  Lalu bulatkan seperti bola dan biarkan 30 menit.


Letakkan adonan pada meja yang telah ditabur tepung sebelumnya.  Pipihkan menggunakan gilasan kayu kurleb 2 – 3 mm.  Bentuk bulatan dengan menggunakan cetakan atau menggunakan bibir gelas dengan diameter kurleb 7 – 8 cm. Pastikan terpotong dengan rapih.


Masukkan cannoli ke dalam cetakan berbentuk tabung dan buat masing2 pinggirnya sedikit menumpang satu dengan yang lain.  Goreng bersama dengan cetakan cannoli dalam minyak panas hingga kecoklatan kurleb 1 menit. Angkat dan letakkan sebentar diatas paper towels agar minyak terserap pada kertas.  Biarkan agak dingin lalu keluarkan dari cetakan tabung. Biarkan cannoli hingga benar2 dingin.


Catatan: kulit cannoli bisa disimpan dalam wadah kedap udara hingga beberapa hari.



ISIAN:

Bahan:
4 cangkir keju ricotta, buang airnya bila berair

1 ½ cangkir gula bubuk

1 sendok makan vanili bubuk

1/3 cangkir pistachio sangrai +  blue berry, cincang  (boleh diganti dengan buah2 kering)

¼ cangkir chocolate chips


Cara membuat isian:

Campur keju ricotta, bula bubuk dan vanili bubuk hingga tercampur rata.   

Masukkan pistachio dan blue berry cincang dan chocolate chips ke dalam campuran ricotta, aduk perlahan sekali. Sebelumnya peras blue berry agar kering.  Bila tidak nanti akan mempengaruhi warna daripada isian. 
Bila ingin isian lebih ringan, tambahkan kurleb 1 cangkir whipping cream dan aduk dalam campuran isian. Simpan dalam kulkas kurleb 30 menit sebelum memasukkannya ke dalam kulit cannoli.


Boleh ditambahkan taburan gula bubuk diatasnya.  Serta boleh dihias dengan whipped cream, cherry atau chocolate yang diiris tipis.



Dibawah ini adalah resep bila ingin membuat sendiri keju ricotta, karena sebenarnya membuat keju ricotta adalah sangat mudah. Yang terpenting adalah semua alat2 harus bersih dan hygiene agar bakteri jelek tidak tumbuh dan berkembang.


KEJU RICOTTA


Bahan:

1 gallon susu segar full cream

1 cangkir cream kental

½ cangkir air perasan jeruk lemon

Sejumput garam


Cara membuat sendiri Keju Ricotta:

Semua peralatan harus bersih dan hygiene. Tuang susu segar dan cream ke dalam panci. Panaskan dengan api sedang hingga tinggi, aduk perlahan agar susu tidak meninggalkan kerak pada dasar panci. Lakukan hingga mendidih. Lalu kecilkan apinya.  Masukkan air perasan jeruk lemon sedikit demi sedikit dan aduk perlahan hingga susu bergumpal-gumpal dan mengapung.  Angkat dari api dan tutup.  Tunggu hingga 5 – 10 menit hingga gumpalan menyatu dan menjadi seperti tahu.


Letakkan kain penyaring keju (cheese cloth) diatas saringan dan letakkan diatas wadah.  Sendokkan tahu keju atau dadih dan letakkan diatas cheese cloth, dan biarkan kurleb 30 menit atau hingga keju ricotta kering tetapi masih lembab. Setelah 30 menit, angkat cheese cloth dan bungkus ricotta. Buatan ikatan pada ujungnya agar dapat digantung untuk mengeluarkan air sisa2nya.

Lalu simpan ricotta dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas.  Gunakan ricotta segar ini dalam waktu 5 hari saja.

-------

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...