Monday, 25 September 2017

SATE REMBIGA LOMBOK

vindex tengker

Selain Sate Bulayak dan sate Tanjung yang terkenal dari Lombok, sate Rembiga juga tidak kalah kondangnya.  Sate yang terbuat dari daging sapi Lombok ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kelembutan dagingnya dan rasa manis – gurih – pedas berbumbu yang menyatu menjadi aroma yang berbeda dengan sate2 yang lain.


Sate Rembiga ini berasal dari desa Rembiga berdekatan dengan bandar udara Selaparang. Konon sate ini diturunkan oleh leluhur dari kerajaan Mataram yang biasa menyajikan untuk acara2 besar di istana. Hingga saat ini bermunculan sate Rembiga2 di daerah lain.  Ini adalah bukti bahwa hidangan ini diminati masyarakat umum.


Bahan dasar sate Rembiga ini adalah daging sapi, cabai rawit, bawang putih, garam dan gula. Bumbu yang sangat sederhana ini bila diracik dengan pas, akan menghasilkan rasa yang enak.  Rasa pedas beradu serasi dengan kombinasi campuran bumbu yang lain membuat genre rasa baru yang tidak saling menguasai, justru berkolaborasi secara sempurna. Disinilah letak kekhasan hampir pada semua hidangan dari Lombok, pedas namun menyatu dengan rasa bumbu2 yang lain. 


Bahan :

500 gram daging sapi, potong kecil2 kurleb ½ cm

Daun pepaya

2 sendok makan kecap manis

Tusuk sate


Bumbu, haluskan:

7 buah cabe rawit (boleh dikurangi)

3 buah cabai merah bersar

½ sendok teh terasi (sebaiknya gunakan terasi Lombok)

8 siung bawang putih

Garam secukupnya

Gula merah secukupnya


Cara Membuat :

Bungkus potongan daging sapi dengan daun pepaya dan diamkan kurleb 2 jam.

Tambahkan 2 sendok makan kecap manis pada bumbu halus, aduk rata.

Lumuri daging sapi dengan bumbu halus tersebut, lalu tutup kembali dengan daun pepaya.  Biarkan kurleb 1 jam agar bumbu meresap.

Tusuk 4 potong daging dengan tusukan sate.  Lakukan hingga daging habis. Bakar diatas bara kayu.  Sajikan bersama nasi hangat dan plecing kangkung.

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...