Tuesday, 12 September 2017

TAHINI SOUFLE


vindex tengker

Pengertian soufle secara garis besar adalah cake yang berbahan dasar telor yang di panggang dalam oven.  Terbuat dari kombinasi adonan bahan utama dan putih telor dan gula yang di kocok, yang bila di panggang dalam oven panas akan menghasilkan cake lembut, ringan dan mengembang nan sempurna.  Bisa berupa soufle manis atau gurih.


Sebagai bahan pokok soufle yakni crème pâtissière yang memiliki rasa sebagai base yaitu cream sauce atau bechamel dan putih telur yang dikocok hingga mengembang, lembut dan ringan. Base berfungsi untuk memberi rasa, sementara putih telur berguna untuk membuat cake mengembang dan bertekstur ringan.


Soufle biasanya disajikan dalam wadah tahan panas atau remekin, dengan ukuran 10 cm-an, yang sebelumnya dioles tipis dengan mentega atau bisa ditambahkan juga taburan tipis gula, parutan keju, tepung roti dll.

Setelah dipanggang biasanya soufle akan mengembang tinggi lalu akan mengempis setelah 5 hingga 10 menit. Penyajiannya bisa ditambahkan dengan saus manis yang dituang keatasnya atau boleh ditambah sorbet ataupun ice cream.


Pembuatannya gampang2 susah. Beberapa trik yang dapat diikuti adalah:  siapkan bahan semua sebelum membuat soufle.  Timbang dengan tepat sesuai ukuran yang disarankan.  Baik kuning telur maupun putih telur harus pada suhu ruangan. Gunakan oven panas yang sudah disiapkan sebelumnya dan bila soufle sedang dipanggang, jangan sekali2 membuka oven.  Bukalah setelah jadi dan mengembang tinggi.

Nah, dibawah ini saya akan tuliskan resep Tahini Soufle dari Chef Mandy Pan, diambil dari buku Cuisine and Wine, dan kemarin telah saya coba untuk serving disalah satu catering private party, dan telah saya tambahkan sedikit pada cara mengolah.


Tahini adalah olesan seperti selai kacang yang terbuat dari biji wijen diblender halus dengan olive oil. Tahini biasa digunakan pada masakan dari daerah Middle East: Lebanon, Armenia, Yunani, Siprus, Iranian, Israel, Turki, Irak dan Afrika Utara. Biasanya Tahini disajikan sebagai cocolan atau sebagai bahan utama dari hummus, baba ghanoush, dan halva.

Bahan untuk 7 remekin:
200 ml susu segar
40 g beras Aborio yang masih mentah
120 g cream
80 g tahini (bisa beli di supermarket barang import)
35 g gula
7 feuilletine discs (kue kering, bisa dibeli di supermarket bahan import)
7 scoop peanut butter ice cream

Meringue (adalah adonan yang dibuat dari putih telur dan gula yang dikocok hingga menyerupai busa dan kaku):
180 g putih telur
80 g gula

Cara Membuat:
Jerang susu segar dengan api sedang hingga mendidih. Masukkan beras Aborio dan kecilkan apinya. Tutup pancinya dan masak hingga beras setengah matang atau aldente. Masukkan cream, tahini dan gula. Masak dengan api sedang hingga campuran mengental dan bertekstur seperti cream. Angkat.  Masukkan campuran ke dalam blender atau food processor and blender hingga halus.  Sisihkan.

Meringue: Dalam wadah mixer putih telur dan gula hingga berbusa dan kaku. Dan bila wadah diterbalikkan putih telur tidak akan tumpah.
Masukkan adonan meringue secara pelan dan hati2 ke dalam adanan Abroio diatas, aduk perlahan dari bawah dibawa ke atas.  Lalu sedokkan ke dalam remekin yang sebelumnya telah dioles tipis mentega.  Panggang ke dalam oven yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 176 C hingga soufle mengembang tinggi, kurleb 7 menit.
Tambahkan feuilletine disc diatasnya dan sajikan dengan peanut butter icecream. 

_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...