Wednesday, 4 July 2018

BUBUR KETAN HITAM


Bubur Ketan Hitam

BUBUR KETAN HITAM, vindex tengker

Ada yang menyebutnya bubur Injin atau pulut. Pada dasarnya adalah sajian bubur dari beras ketan yang disajikan dengan gula dan santan.
Sajian bubur ini biasa dinikmati sebagai makanan penutup atau disajikan sebagai peneman minum teh sore hari.  Namun banyak pula yang melahapnya di pagi hari.  Jadi... suka2 sajalah..
Pilih ketan hitam yang sudah bersih dari sosohnya (kulit beras), lalu rendam semalaman atau paling tidak 3 jam, agar mengembang dan memangkas waktu memasak. Serta menghasilkan bubur lembut nan lumer.
Resep dibawah, gula saya tambahkan pada bubur saat dimasak.  Beberapa orang ada yang memisahkan gula dan bubur.  Bila dipisahkan, masak gula merah 300 gram dan air 300 ml hingga gula larut.  Boleh ditambahkan irisan nangka untuk memberi aroma. Masukkan nangka saat gula sudah completely larut.
Bubur ketan hitam ini sangat gampang membuatnya, tapi perlu ketelatenan untuk hasil yang lembut.

Bahan:
300 gram beras ketan hitam, rendam 3 jam
200 gram beras ketan putih, rendam 3 jam
1 ½  liter air
200 gram gula putih
100 gram gula merah, sisir  
2 lembar daun pandan wangi, simpulkan ujungnya
20 gram garam / sesuai selera

Bahan saus santan:
250 ml santan kental  dari ½ butir kelapa
½ sdt garam

Cara mengolah:

Didihkan air dalam panci. 
Masukkan beras ketan dan daun pandan.  
Masak dengan api sedang sembari diaduk.  Bila airnya tinggal 1/2 , kecilkan apinya dan mulai sesering mungkin diaduk hingga beras ketan mengembang sempurna, kental dan lunak. Pastikan mengaduknya hingga dasar panci agar tidak lengket. Atau gunakan panci dengan dasar tebal.

Bila sudah benar2 lunak dan lembut, masukkan gula merah, gula putih dan garam, aduk hingga rata. Bila terlalu kental, tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga tercapai konsistensi kekentalan yang diingini. Angkat.

Kuah Santan:
Jerang santan dan garam diatas api hingga mendidih. Angkat.

Sajikan bubur ketan injin dalam wadah mangkuk lalu tuang santan diatasnya. Boleh ditambahkan irisan pisang rebus atau nangka rebus. 



RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...