Sunday, 29 July 2018

TALIWANG BERSAUDARA – PANGLIMA POLIM

Taliwang Bersaudara – Panglima Polim

 
Taliwang Bersaudara – Panglima Polim, Vindex Tengker
Taliwang adalah sebuah kecamatan di Nusa Tenggara Barat. Salah satu kuliner khasnya adalah ayam Taliwang, ayam bakar dengan dominasi rasa pedas menyengat. Di luar Lombok, sajian ayam bakar Taliwang diwakili oleh beberapa resto dimana rasanya boleh dibilang mirip2 satu sama lain, dan kebetulan yang terdekat dengan tempat saya tinggal adalah Taliwang Bersaudara Lombok, jalan Panglima Polim.

Saya mengenal resto ini sejak berpuluh2 tahun yang lalu dan mejadi loyal customer makanan khas Sasak – Lombok. Lalu ke Jakarta dan bertemulah dengan resto yang di Pangpol. Sekedar info resto ini memenangkan award dari Kementrian Pariwisata berkali2 secara berurut2 tahun. Hebat ya, cukup konsisten dalam meracik dan menjaga kekhasannya.
Favorit saya disini adalah ayam bakar Taliwang dan plecing kangkung.  Sebenarnya masih banyak lagi menunya, beberuk terung, ayam goreng, tempe tahu goreng dll.

Taliwang Bersaudara – Panglima Polim, Vindex Tengker
Ayam bakar Taliwang, berbahan ayam kampung muda, berumuran 2 - 3 bulanan.  Karena menggunakan ayam kampung jadi jangan berharap ayamnya berdaging gemuk dan montok ya.. Menurut saya ayam kampung lebih enak, gurih-manis, keset.

Beberapa waktu lalu karena wabah flu burung, ibu Hj Baiq Hartini (pemilik), merubah sedikit cara pengolahannya. Bila sebelumnya ayam dimarinasi dengan bumbu2 lalu dibakar, dioles2 dengan bumbu, lalu dibakar lagi dan dioles bumbu, lalu disajikan. Bila sekarang ayam kampung dibakar, digoreng, dibakar lagi, dioles bumbu, lalu dibakar lagi, dioles bumbu lagi dan disajikan. Jadi ditambahkan satu step ditengah yaitu menggorengnya, tujuannya agar ayam matang hingga ke tulang dan tentu  terhindar dari flu burung.

Bumbu utama pada ayam adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai keriting, tomat, terasi dan sepertinya ada sedikit kencur. Nah yang membuat ayam Taliwang ini enak tidak ketulungan, selain kualitas dan komposisi bumbu segar adalah terasi. Seperti kita ketahui terasi Lombok sangat terkenal di dunia persambalan. Selidik ketemu selidik ternyata Ibu Hj Baiq Hartini membuat sendiri terasinya.  Walaa jelas enak, terasinya custom design.. haha 
Taliwang Bersaudara – Panglima Polim, Vindex Tengker
Plecing Kangkung. Plecing kangkung ini olahan yang sangat sederhana, tetapi bila bumbu2 diracik tepat komposisinya, menghasilkan rasa yang luar biasa. Bumbu utamanya hanya rawit merah, cabai keriting, terasi, dan tomat. 
Kangkung dan taoge direbus terpisah lalu dicampur dengan bumbu plecing. Disajikan dengan serundeng dan taburan kacang tanah goreng. Kangkung dan cabai rawit yang digunakan adalah spesial dari Lombok, kangkung dengan batang besar dan tetap kriuk bila direbus.

Lain kali akan saya coba beberuk terong ya. Nanti akan saya tulis lagi.  Salam Kuliner - VT
_____



RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...