Friday, 27 July 2018

ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE

One Farrel Hotel and SPA - Singapore

Beberapa waktu lalu, saya bertugas ke Singapore dan menginap di One Farrel Hotel and SPA. Ini kali yang pertama di hotel ini, karena saya gemar berpindah2 untuk menambah wawasan serta ide2 food and beverage dari berbagai macam hotel maupun resto.

Hotel berkategori bintang lima, berlokasi kurleb 5 km dari pusat kota Singapore, berada di area yang ramah, nyaman dan gampang mencapai ke tempat2 penting, Stadium, Orchad Road (tempat mewah untuk berbelanja dan jalan2 atau sekedar wiskul), Little India, kampung Glam (kampung tradisional penduduk lokal),Temple Sri Veeramakaliamman (salah satu temple Hindu yang tertua), China Town, Bugis dan masih banyak yang lain. 
Pada dasarnya sih, Singapore kemana2 dekat ya, bisa ditempuh gampang dengan public transportation misal MRT / bus.

Mari kita lihat sarapan pagi yang disiapkan ala buffett (prasmanan).
Semua makanan disajikan dalam station yang jumlahnya lumayan banyak khususnya untuk sarapan. Biasanya orang makan pagi hanya roti atau nasgor/migor, bubur, atau paling jauh nasi hainam. Tetapi disini disediakan macam2 dan enak2 semua.

Masih banyak station yang tidak sempat saya photo karena terbatas waktu. 

ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Station untuk waffle dan fried dimsum. Waffle disajikan dengan soft ice cream, gula merah cair atau syrup, berries. Sedang dimsumnya al, lumpia, prawn twister, karage, curry puff, plus cocolannya. 
ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Noodle station. Disini disediakan mie kuah lengkap dengan isian, laksa kumplit.  Sedang disebelahnya egg station, telur mata sapi anystyle (boleh memilih digoreng macam apa, sunny side, over easy, welldone dll) atau dadar / omelete dengan macam2 isian boleh pilih, boil egg (boleh pilih soft, hard, half done).
ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Fried dimsum.  Spring roll / lumpia, karage chicken, curry puff dan prawn twister dan cocolan2nya. Perhatikan  cara melipat lumpia berbentuk lancip ujungnya, sangat kreatif. 
ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Nasi and chicken Hainan.  Set tray yang berisi ayam dimasak ala Hainan, lengkap dengan nasi gurihnya, sambal pedas, jahe, kecap, kuah, serta acar ketimun-wortel pedas manis, asam, sebagai pemnyeimbang sajian Hainaam.  Lalu ayam Hainannya dialas dengan tumis pokcoy. Tumis menggunakan saus oyster, minyak wijen dan bawang putih.

(nasi Hainan adalah makanan yang berasal dari wilayah Hainan, China.  Makanan ini berupa nasi yang dimasak menggunakan kaldu ayam dan rempah2. Biasanya disajikan dengan ayam rebus atau babi panggang, ayam panggang, babi merah dan telur pindang). Lalu sebagai pelengkap adalah sambal cabai, sambal jahe, dan kuah kaldu dengan isian sayur asin.  Nasi Hainan ini cukup terkenal di Singapura dan Malaysia karena jaman dahulu banyak sekali imigran dari China ke Malaysia, Singapore bahkan Indonesia.)
ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Spareribs. Daging babi, biasanya bagian iga yang dimasak dengan bumbu utama adalah Chinese spice powder, arak China, vinegar, saus hoisin, jahe, brown sugar dan madu.  Rasa asam dan manis enak sekali. Dialas dengan irisan kasar daun salad. 
ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Sedang dessert saya pilih durian mousse, chocolate mousse, rice pudding and rosella, pineapple cheese cake. Mousse adalah sajian yang dibuat sehingga menghasilkan tekstur lembut, creamy, tidak perlu kerja keras untuk memakannya, hanya dengan memasukkan ke mulut lalu langsung longsor pelan2 ke tenggorokan.  Biasanya disajikan dingin.

Nah ini durian dan chocolate, masing2 dicampur dengan cream dan bahan2 lain lain lalu di whipped hingga lembut. Rice pudding yang disajikan dengan kembang rosella kering sebagai hiasan dan sebagai penambah rasa, karena rosella ini fungsinya mirip daun teh. 

ONE FARREL HOTEL and SPA – SINGAPORE, vindex tengker
Bakcang kacang yang dibungkus dengan daun lotus. Bakcang adalah jajanan tradisional Chinese, biasanya terbuat dari ketan dan daging babi.  Sekarang orang sudah banyak membuat bakcang dari beras selain ketan, dan dengan isian macam2.

Sekian.  Salam Kuliner – VT.
_____




RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...