Sunday, 15 July 2018

SAMBAL MATAH


SAMBAL MATAH


SAMBAL MATAH, vindex tengker
Resep sambal matah ini sudah pernah saya upload beberapa waktu lalu  dalam bahasa Inggris) dan menggunakan gramasi per porsi. Nah ini saya recook lagi menggunakan ukuran yang biasa kita gunakan di dapur agar lebih familiar, yaitu butir, buah, siung dll.
Bila teman2 menemukan bongkot / ginger torch / kecombrang, serai bisa diganti dengan bongkot sebagai variasi. Sama2 enaknya sih.  
Sambel matah ini pas disandingkan dengan aneka sajian yang dipanggang atau digoreng.

Bahan:
15 butir bawang merah, diiris halus
3 siung bawang putih, dicincang halus
10 cabai rawit, diiris halus
(gunakan rawit merah/hijau/orange, agar warna2 nya cantik.  Bisa juga ditambah cabai keriting 5 buah, kurangi rawitnya. Pilih cabai yang kurus, biasanya bentukan cabai kurus rasanya lebih pedas)
3 batang serai, ambil bagian putihnya, diiris halus
(bisa diganti dengan bongkot atau kecombrang 2 buah, iris halus)
5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya, iris halus
1 sendok teh terasi panggang
(gunakan terasi yang enak, karena rasa terasi mempengaruhi rasa sambal)
Garam secukupnya
2 buah jeruk lemo
Minyak goreng (gunakan minyak kelapa tradisional agar lebih harum. Biasanya bisa didapatkan di pasar2 tradisional seperti Pasar 8 Alam Sutera, Ps Bintaro, Ps Moderen BSD, Ps Moderen Gading Serpong dll)

Cara mengolah:
Campur semua bahan kecuali jeruk lemo dan sedikit diremas2.
Panaskan minyak goreng hingga berasap. Matikan api. Siram irisan bahan sambal dengan minyak goreng panas.  Aduk2 dan sedikit ditekan2 menggunakan sendok. Beri perasan jeruk lemo.
_____

RUJAK PETIS

RUJAK PETIS Makanan Jawa Timuran ini pada dasarnya adalah sama dengan rujak cingur. Menggunakan sayur dan bumbu yang sama. Bedanya h...